Bosan Sate dan Gulai? Ragam Masakan khas Idul Adha Ini Wajib Kamu Coba Lho!


SURATKABAR.ID Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Rabu (22/8/2018) mendatang. Tak heran jika saat ini banyak masjid telah mempersiapkan Idul Adha, termasuk panitia penyembelihan hewan kurban.

Seperti yang diketahui, tepat setelah salat Ied akan diadakan penyembelihan hewan kurban. Selanjutnya hewan kurban akan dibagikan untuk kemudian diolah menjadi hidangan yang lezat.

Dilansir Tribunnews.com, selain sate dan gulai yang sudah menjadi makanan wajib di Hari Raya Haji, beberapa menu dibawah ini bisa menjadi referensimu lho

  1. Tongseng

Tongseng umumnya dikenal sebagai sajian daging yang asalnya khas dari kota Solo. Makanan olahan daging sapi atau kambing ini memiliki nilai kolestrol yang cukup tinggi.

Bisa dikatakan, tongseng adalah perpaduan antara gulai dengan kekhasan rasa manis kecap dari sate.

Baca Juga: Gak Bakal Nyangka! 5 Makanan Sederhana di Indonesia ini Ternyata Jadi Favorit Orang Jepang

  1. Kari Kambing

Masakan khas Aceh ini hampir selalu tersaji ketika datang Idul Adha. Bahan utama untuk membuat kari kambing tidak lain adalah daging kambing itu sendiri.

Seperti masakan Aceh lainnya, kari kambing juga menggunakan rempah yang sangat berlimpah. Ada sekitar 24 macam bumbu bila ingin membuat kari kambing dengan rasa sempurnanya.

  1. Rabeg

Rabeg merupakan masakan olahan kambing khas Banten yang unik. Rabeg bukan terbuat dari bagian daging kambing, melainkan dari bagian jeroan atau isi perut dari kambing.

  1. Balanga

Di Sulawesi, khususnya di Gorontalo, terdapat masakan bernama kambing bakar balanga. Masakan ini merupakan hasil adaptasi dari kuliner khas Arab.

Jadi, tak heran jika masyarakat Gorontalo biasa menyantap kambing bakar balanga ini bersama nasi kebuli.

  1. Nasi Goreng Kambing

Daging kambing yang telah diungkep bisa juga diolah menjadi nasi goreng kambing. Cara memasaknya pun tak begitu sulit, namun rasanya boleh diadu.