Rais Syuriah PCI NU Tiongkok Lontarkan Respon Tegas Terhadap Pernyataan Ma’ruf Amin


SURATKABAR.ID Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok KH Imron Rosyadi Hamid merespon pernyataan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Ma’ruf Amin yang mengatakan bahwa PBNU akan mengerahkan seluruh warga Nahdliyin untuk dirinya dan Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Ma’ruf Amin menyatakan hal tersebut ketika hadir dalam acara silaturahmi dan Madrasah Kader NU yang diprakarsai oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Arab Saudi, pada Sabtu (18/8/2018).

Imron mengatakan, NU secara organisasi tidak mungkin dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis. Ia mengingatkan bahwa dalam AD-ART sudah sangat gamblang dijelaskan bahwa NU bukan lembaga politik. “Jangan jadikan NU sebagai mesin elektoral,” katanya, dikutip dari jawapos.com, Minggu (19/8/2018).

Imron juga menerangkan di AD-ART juga disebutkan bahwa pengurus NU yang telah ditetapkan sebagai calon Kepala Daerah oleh KPU, maka harus mundur dari kepengurusan. “Pengunduran diri itu penting untuk menghindari penyalahgunaan kewenangan,” kata kandidat PhD Hubungan Internasional dari Jilin University, Tingkok, itu.

Baca Juga: Tanggapan PDIP Soal Kedatangan Prabowo-Sandiaga ke Kantor PBNU

Ia menegaskan jika aturan tersebut berlaku bagi semua pengurus, tidak hanya pada level tertentu saja. “Aturan harus ditegakkan. Substansinya adalah mengembalikan NU sebagai lembaga sosial keagamaan, bukan untuk kepentingan politik praktis,” tegasnya.

Selain itu, ia meyakini bahwa sangat kecil untuk bisa mengarahkan pilihan politik warga NU. “Fakta di lapangan, kader-kader NU ada di semua partai,” terangnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin menyatakan NU siap mendukung penuh pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

“Ini merupakan komitmen dan tanggung jawab NU kepada bangsa dan negara. Maka ketika saya dipilih, PBNU siap untuk mendukung pasangan yang ada di dalamnya wakil NU,” ujar Ma’ruf, dikutip dari detik.com.

[wpforms id=”105264″ title=”true” description=”true”]


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaNama Ustad Abdul Somad Masuk Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga? Ini Faktanya
Berita berikutnyaBocah Pemanjat Tiang Bendera Ingin Jadi Tentara, Hotman Paris Malah Sarankan Begini