Yusril Bantah Akan Golput di Pilpres 2019, Dukung Siapa?


SURATKABAR.ID Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menampik kabar yang menyebutkan jika partainya bakal netral di Pilpres 2019 mendatang.

Meski demikian, Yusril tidak membatah jika partainya sampai saat ini belum menentukan dukungan.

“Saya tidak pernah bilang netral apalagi golput,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (17/8/2018), dikutip dari republika.co.id.

Yusril menjelaskan, PBB sampai saat ini masih menempatkan diri di tengah. Sebagai partai Islam, menurut Yusril, PBB mesti menunggu intruksi ulama sebelum menentikan sikap.

Baca Juga: Niatnya Renovasi Rumah, Tukang Bangunan Ini Temukan Kotak Misterius. Ketika Dibuka Isinya Bikin Nyali Ciut!

Oleh sebab itu, PBB akan menunggu Ijtima’ GNPF Ulama II dan Munaslub atau Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang bakal dilaksanakan dalam waktu yang tak lama lagi. “PBB adalah partai Islam. Karena itu, PBB tidak ingin mendahului keputusan para ulama,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Ijtima’ GNPF Ulama II bakal di gelar pekan ini. Ijtima’ tersebut akan mendiskusikan dukungan kepada Prabowo Subianto. Pasalnya, koalisi yang mengusung Prabowo tidak mengakomodir hasil Ijtima’ GNPF sebelumnya. Sementara, Rapat Pleno PBNU akan segera dilaksanakan untuk membahas status Ma’ruf Amin sebagai Rais Aam PBNU.

“Kita tidak akan bersikap netral, hanya menunggu sikap ulama. Kita harus sejalan dengan ulama karena kita partai islam yang harus dekat dengan ulama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama) mengatakan jika Itjima’ kedua bakal digelar untuk membahas mengenai capres Prabowo yang tidak mengambil cawapres dari rekomendasi hasil Ijtima’ GNPF Ulama I.

“Karena masih sekitar 60 persen yang dilaksanakan (pada ijtima ulama I) sisanya 40 persen disampaikan kembali (pada ijtima ulama II). Baru nanti dari ijtima yg kedua itulah yang memutuskan menerima, menolak, menyetujui, mendukung, dan lain sebagainya,” kata Yusuf.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaFahri Hamzah dan Fadli Zon Bertemu Habib Rizieq, Apa yang Dibahas?
Berita berikutnyaKader PDIP Sebut KH Ma’ruf Amin Lebih Baik Dibanding Mahfud MD