Penyelam Beraksi Tunggangi Hiu Paus, Begini Peringatan Keras Menteri Susi


SURATKABAR.ID – Warganet tiba-tiba digegerkan dengan sebuah video memperlihatkan sekelompok penyelam yang terlihat begitu asyik menunggangi hiu paus di perairan Indonesia. Aksi tersebut sontak merebut perhatian dan kecaman dari berbagai kalangan.

Dalam video viral tersebut, seperti yang dilansir Grid.ID dari laman Asia One, Sabtu (11/8/2018), terlihat sekelompok penyelam menyentuh bahkan menunggangi hiu paus di dekat mereka. Video pertama kali dibagikan oleh Kaka SLANK melalui akun Twitter @fishGOD pada Kamis (9/8).

Kaka mengungkapkan geram mendapati aksi tak patut yang dilakukan oleh kelompok penyelam tersebut. Ia bahkan tak lupa menandai Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Susi Pudjiastuti dan Menteri Lingkungan Indonesia Siti Nurbaya Bakar pada postingannya.

Ada yg ngabarin video ini dari teluk cendrawasih papua. Divers menunggangi whale shark (emoticon) @susipudjiastuti @SitiNurbayaLHK,” demikian bunyi keterangan yang disertai Kaka dalam unggahan video tersebut.

Melihat kejadian itu, Menteri Susi langsung membalas postingan tersebut dan menegaskan bahwa tindakan sekelompok penyelam itu termasuk tindakan ceroboh yang dilarang. Selain tanggapan dari Menteri Susi, unggahan Kaka dipenuhi respons dari netizen.

Baca Juga: Beli Rumah Murah, Tak Disangka Ada Simpanan Mengerikan di Ruang Bawah Tanah

Tak sedikit netizen yang mengecam tindakan oknum penyelam tersebut. Sementara itu, pihak Taman Nasional Teluk Cendrawasih pun tak ketinggalan menanggapi video viral itu. Mereka lantas memberikan informasi terkait tata cara yang benar untuk berinteraksi dengan hiu paus.

Sebagai tanggapan dari video yang diunggah Kaka SLANK, Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) mengungkapkan pihaknya sudah bergerak untuk menindaklanjuti kasus dengan mengusut apakah video tersebut diambil di wilayah TNTC atau bukan.

TNTC mengaku pihaknya selalu mendampingi wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan hiu paus. Menurut peraturan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, jika wisatawan ingin berinteraksi dengan satwa laut, mereka harus mengikuti briefing yang dilakukan TNTC.

Kalau mereka tidak tahu berarti mereka adalah pengunjung ilegal,” tulis akun resmi @BalaiBesarTNTC sebagai tanggapan serius dari unggahan Kaka.

Hiu paus sendiri, seperti dikutip dari laman Kompas.com pada Jumat (10/8/2018), merupakan spesies ikan terbesar di laut yang masih bertahan hingga sekarang. Ukuran hiu paus dewasa bisa mencapai 97 meter. Populasi hiu paus tercatat tersebar di laut tropis bersuhu hangat, salah satunya di Indonesia.

Meski berukuran sangat besar, namun mereka tergolong hewan yang jinak terhadap manusia. Maka tak heran jika para penyelam tidak memiliki rasa takut sama sekali untuk ikut bermain dan menunggangi mereka atau berpose di dekat makhluk raksasa ini.