Jika Prabowo-Sandi Pakai Isu Ini, Jokowi-Ma’ruf Amin Dipastikan Bakal Kelimpungan


SURATKABAR.ID – Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) petahana, Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma’ruf Amin, dianggap tak akan mudah dikalahkan.

Meski begitu, di sisi lain Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga merupakan lawan yang kuat dan bisa memenangkan suara rakyat di Pilpres 2019 mendatang.

Terkait hal ini, pengamat politik dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Luthfi Wahyudi menilai, pertarungan kedua paslon ini akan berlansung sengit.

Di Kalimantan Timur (Kaltim), Jokowi-Ma’ruf mendapatkan dukungan yang cukup kuat dari partai-partai besar. Sedangkan Prabowo-Sandi memiliki koalisi yang memenangkan Pilgub Kaltim 2018, serta ditambah Partai Demokrat dan Berkarya.

“Gubernur dan wakil gubernur Kaltim terpilih dari koalisi Prabowo-Sandi. Itu punya nilai lebih jika mereka menjadi juru kampanye,” terang Luthfi, dikutip dari jpnn.com, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Luhut Minta Prabowo Tak Pakai Isu Agama, Demokrat Langsung Sindir Jokowi

Sosok cawapres Jokowi tak bisa diremehkan. Meski usianya tak muda lagi, Ma’ruf merupakan representasi NU dengan basis pemilih yang loyal. Di Kaltim, kader NU pun cukup diperhitungkan.

Sementara Sandi yang masih muda bisa meraup dukungan dari anak-anak muda dan para pengusaha. Jumlah pemilih dengan rentang ini pun terbilang cukup besar.

“Meski kurang dikenal, ada waktu lebih dari enam bulan bagi Sandi untuk kampanye. Itu waktu yang cukup untuk sosialisasi. Ditambah dengan kader parpol yang berkoalisi itu kan salah satunya ada PKS. Mereka punya gerakan cukup masif untuk memengaruhi masyarakat,” lanjut Luthfi.

Bisa dibilang, kekuatan kedua paslon masih berimbang. Namun, Jokowi memiliki beberapa catatan di Kaltim. Salah satunya adalah pelemahan ekonomi.

Isu yang belakangan menguat dan meresahkan ini, bisa membuat kubu Jokowi-Ma’ruf kesusahan untuk mengatasinya jika digunakan sebagai bahan kampanye oleh kubu lawan.

“Jika isu itu dieksplorasi sebagai bahan kampanye dan jadi materi utama Prabowo-Sandi tentu Jokowi akan kesulitan. Sekalipun sama-sama tahu pelemahan ekonomi di Kaltim itu terjadi karena banyak faktor, seperti harga batu bara dan migas yang anjlok,” tukasnya.

Pada Pilpres 2019, pasangan mana yang bakal kalian pilih?#PollingPilpres2019

Posted by SuratKabar.ID on Sunday, August 12, 2018