Ampuh! 7 Bahan Dapur Ini Terbukti Perbaiki Tumit Pecah-Pecah Seketika


SURATKABAR.ID – Permasalahan tumit yang pecah-pecah kerap dialami siapa pun dari berbagai usia. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa jadi karena terlalu lama memakai sepatu, kurangnya kelembaban di daerah tumit, salah menggunakan sabun, hingga bahkan karena terlalu lama terkena air.

Tanda-tanda gejala tumit kaki pecah-pecah adalah bersisik, kulit mengelupas, gatal, pendarahan dari celah-celah dan juga nyeri. Kaki pecah-pecah membuat Anda merasa tidak percaya diri, bukan?

Agar rasa percaya diri kembali meningkat, beberapa tips dari bumbu dapur berikut ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki tumit kaki Anda yang pecah-pecah. Simak uraiannya seperti dilansir dari Boldsky.com dan Liputan6.com, Sabtu (11/08/2018) berikut ini.

1. Air mawar dan gliserin

Oleskan campuran air mawar dan gliserin pada bagian tumit yang pecah-pecah. Biarkan selama satu malam, dan Anda akan bangun dengan kaki yang lebih lembut di pagi hari.

Baca juga: Hobi Makan Es Krim? Perhatikan Hal-hal Berikut Agar Tetap Sehat

2. Lemon dan garam

Rendam kaki Anda di dalam air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan perasan lemon dan garam. Lemon diketahui mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit. Sedangkan garam dapat mencegah segala infeksi.

3. Neem (Mimba)

Haluskan daun mimba dan kunyit secukupnya. Lalu oleskan adonan pada tumit kaki Anda. Neem diketahui berfungsi sebagai antijamur serta membantu menyingkirkan semua bakteri penyebab infeksi. Kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Minyak sayur

Gunakan minyak sayur sebagai pelembab untuk mengobati tumit Anda yang pecah-pecah. Anda juga bisa menggunakan olive oil, minyak almond atau minyak kelapa. Minyak ini akan meresap jauh ke dalam kulit dan meningkatkan kelembaban.

5. Cuka

Rendam kaki Anda pada air hangat yang sudah dicampur dengan cuka selama beberapa menit untuk melembutkan kulit mati. Kemudian gosok dengan batu apung agar kulit mati terangkat. Setelah itu oleskan pelembab pada kulit Anda.

6. Minyak mustard

Sebelum Anda tidur, pijat tumit Anda dengan minyak mustard sebentar. Lalu gunakan kaus kaki agar hasilnya maksimal. Lihat saja, kaki Anda akan jauh lebih baik di pagi hari.

7. Tepung beras dan madu

Scrub tepung beras dan madu dapat menghilangkan kulit tumit pecah-pecah Anda dengan seketika. Madu berfungsi sebagai pelembab kulit yang ampuh. Sedangkan tekstur kasar dari tepung beras bisa membantu Anda melepas sel kulit mati yang retak di permukaan tumit Anda.