Profil Wikipedianya Diubah Jadi Anggota Situs Cabul, Eva Kusuma Sundari Akan Lapor Polisi


SURATKABAR.ID – Kejadian tak mengenakkan baru dialami oleh Eva Kusuma Sundari yang merupakan Fungsionaris PDI Perjuangan. Pasalnya, profil Eva Kusuma Sundari di halaman situs Wikipedia telah diubah oleh orang tidak dikenal. Dalam halaman situs itu, Eva disebutkan sebagai anggota salah satu perusahaan situs cabul asal Brasil. Eva mengaku kaget saat mendengar informasi terkait.

Melansir laman TribunNews.com, Rabu (08/08/2018), Eva sedang menulis laporan reses di daerah pemilihannya kemudian diberitahu adanya kejadian tersebut. Tak hanya dia, putrinya juga merasa gusar dan mencoba mencari tahu siapa yang mengubah profilnya itu.

“Saya dapat info pertama malah dari teman-teman wartawan, lalu teman-teman Universitas Padjadjaran dan Universitas Airlangga yang info aku sambil marah-marah, kalau aku cuekin. Berikutnya anak cewekku yang ITB juga gemas dan mau nyari temannya IT untuk melacak,” ujar Eva kepada wartawan, Selasa (07/08/2018).

Pengakuan Eva, ia marah sekaligus sedih ada yang menyerangnya secara pribadi. Jika berbeda pandangan, menurutnya, seharusnya dilawan dengan gagasan, bukan penyerangan yang sifatnya personal seperti ini.

“Ada rasa marah, kasihan, dan sedih, kok levelnya nyerang orang dan miskin gagasan. Tapi tidak bisa didiamkan karena aku juga punya kewajiban jaga marwah DPR, Partai dan jaga kualitas demokrasi jangan jadi enggak mutu oleh fitnah-fitnah gini,” tandasnya.

Baca juga: Jenderal Tito Sebut Puan Maharani Berjasa dalam Revolusi Mental dan Lawan Terorisme

Bermotif Politik

Eva yakin serangan terhadap dirinya dengan mengubah profil di situs Wikipedia bermotif politik. Pasalnya, saat ini elektabilitas PDIP dan Joko Widodo sedang sangat tinggi. Tujuan mereka melakukan hal itu tak lain untuk merusak citra PDIP dan Jokowi.

“Sudah seminggu ini saya jadi target daur ulang berita fitnah dan pelintiran terutama di Sosmed, jadi memang ada desain. Bu Mega juga, demikian pula berapa politisi PDIP yang lain,” ujarnya.

Anggota Komisi 11 DPR RI tersebut tidak akan diam menyikapi kejadian yang menimpanya itu. Ia akan melaporkan kepada polisi perihal kejadian tersebut. Tak hanya itu, Eva juga akan melapor kepada Wikipedia mengenai perubahan profilnya itu.

“Dari telusuran tim aku, sudah ketemu IP nya, plus alamat pengiriman dari Semarang. Itu yang aku pakai bukti ke Cyber (Cyber Crime Mabes Polri),” imbuhnya.

Penjelasan Admin Wikipedia

Mengenai fitnah yang menimpa Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari, pengurus Wikipedia langsung mengembalikan tampilan profil Eva seperti semula.

“Mengenai black campaign yang dialami oleh Eva Kusuma Sundari di Wikipedia, saya informasikan bahwa halaman mengenai tokoh yang bersangkutan divandal oleh pengguna anonim,” ujar salah satu pengurus Wikipedia Berbahasa Indonesia, Bonaventura Aditya Perdana, saat dimintai konfirmasi, sebagaimana dilansir dari Detik.com, Selasa (07/08/2018).

Bonaventura menegaskan aksi yang dilakukan akun anonim tersebut adalah vandalisme. Wikipedia, lanjutnya, bisa disunting oleh siapa pun dengan maksud mempercepat proses pembaruan informasi.

“Apabila suatu tindakan vandalisme telah dideteksi oleh pengguna, maka pengguna akan melaporkan hal tersebut kepada pengurus Wikipedia agar ditindaklanjuti,” kata Bonaventura.

Upaya tindak lanjut yang dilakukan pengurus Wikipedia adalah dengan memblokir pelaku vandalisme tersebut ataupun memproteksi konten agar tak kena aksi serupa. Bonaventura kemudian menjelaskan soal keterbatasan kontributor di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Pada Wikipedia, sebetulnya ada fitur ‘Perubahan Terbaru’ yang akan memberi tahu apabila ada yang menyunting artikel. Namun, karena keterbatasan kontributor, tak semua perubahan bisa terpantau.

“Jumlah kontributor di Wikipedia Bahasa Indonesia sangat terbatas, apabila dibandingkan dengan Wikipedia Bahasa Inggris. Hal ini yang menyebabkan kontributor mengalami kesulitan untuk memeriksa semua artikel yang ada di Perubahan Terbaru,” tutup Bonaventura.

Sebelumnya diberitakan, pelaku vandal tersebut melakukan black campaign terhadap Eva dengan menyunting negatif profil di Wikipedia. Eva disebut sebagai anggota situs p*orno dari Brasil, B******.

Eva pun memprotes pihak Wikipedia karena dirinya tak pernah punya track record berselancar ke situs-situs cabul itu. Selain itu, Eva juga tengah memproses laporan ke polisi atas kejadian tak mengenakkan tersebut.