Belum Deklarasi Capres, Jokowi Tunggu Perintah Megawati?


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diusung oleh 9 partai politik dalam Pilpres 2019 mendatang. Namun, hingga kini ia belum juga mendeklarasikan diri sebagai capres.

Bukan hanya soal deklarasi dirinya, Jokowi juga enggan mengungkap siapa sosok yang dipilihnya sebagai cawapres.

Saat ditanya kapan deklarasi akan dilakukan, Jokowi hanya meminta awak media sabar. Ia juga mengarahkan wartawan agar bertanya pada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Nunggu, nanti tanya saja ke bu Mega,” ucapnya singkat usai memberikan pembekalan untuk bakal calon legislatif PDIP di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (5/8/2018) kemarin, dilansir cnnindonesia.com.

Baca juga: Beredar Surat Tulisan Tangan SBY Tunjuk AHY Jadi Cawapres Prabowo, Demokrat Bilang Begini

Dalam kesempatan tersebut, sebenarnya Jokowi didampingi oleh Megawati dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Namun, Mega hanya bungkam dan tak berkomentar. Ia juga mengajak Jokowi segera meninggalkan para wartawan dengan menarik tangan mantan Wali Kota Solo tersebut.

Meski begitu, Jokowi juga sempat menanggapi soal rekomendasi nama cawapres dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Ya baik-baik sekali, namanya rekomendasi pasti baik,” katanya.

Diketahui, PBNU merekomendasikan empat nama, yakni  Ketum PBNU Said Aqil Siroj, Rais Aam PBNU Ma’ruf Amin, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketum PPP M Romahurmuziy.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa deklarasi Jokowi dan wakilnya dalam Pilpres 2019 akan digelar di Jakarta. Rencananya, deklarasi tersebut berbarengan dengan pendaftaran ke KPU.

“Deklarasi pertama mau tidak mau di Jakarta,” ujar Hasto.

Namun, saat ditanya soal sosok yang akan menjadi cawapres Jokowi, Hasto mengaku tak punya hak untuk mengungkapkan. Sebab, Jokowi sendiri yang akan mengumumkannya ke publik.

“Kami sudah tidak bicara nama lagi, kami disiplin, yang berbicara nama Pak Jokowi,” tegasnya.

Meski pendaftaran capres dan cawapres telah dibuka sejak 4 Agutus 2018 kemarin, Jokowi belum juga mengumumkan siapa cawapresnya.