5 Phobia Teraneh Sedunia, Salah Satunya Malah Takut Surga


SURATKABAR.ID – Setiap orang tentu mempunyai ketakutannya masing-masing. Namun ada beberapa orang tertentu yang memiliki ketakutan pada sesuatu secara tidak lazim. Hal ini kerap disebut sebagai phobia. Phobia merupakan rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan. Hal ini akan berdampak pada emosi seseorang. Biasanya, phobia disebabkan karena seseorang mengalami trauma masa lalu. Umumnya, trauma itu membekas didalam kesadarannya.

Phobia akan menyulitkan mengingat sifatnya yang sangat berlebihan. Pasalnya, seperti dikutip dari laman Viva.co.id, Sabtu (04/08/2018), cara phobia/ fobia mengontrol tubuh dan pikiran ini bisa membuat penderitanya kesulitan untuk menghadapi benda-benda atau hal yang sebenarnya tidak mengancam jiwanya.

Penyebab orang menderita fobia pun tidak diketahui dengan jelas, namun sebagian besar disebabkan oleh beberapa jenis trauma. Dan berikut ini lima fobia paling aneh yang pernah diderita manusia di dunia, seperti dilansir dari Wonderlist.  

  1. Nomophobia

Nomophobia merupakan suatu fobia yang mungkin banyak diderita saat ini, di mana penderitanya mengalami ketakutan karena tak punya telepon selular (ponsel) atau akses ke ponsel. Ini mengingat sekarang kebanyakan orang, tak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak yang mengalami ketergantungan dengan ponsel.

Baca juga: Menikahi Cermin Usai Putus Cinta, Alasan Wanita Ini Mengharukan

Menurut sebuah penelitian, pria memiliki peluang lebih besar mengembangkan nomophobia dibandingkan dengan wanita. Statistik juga menunjukkan bahwa 65 persen orang Amerika membawa ponselnya saat mereka tidur dan tidak mematikannya. Sementara satu dari lima orang mengaku bisa tak mengenakan sepatu ke luar rumah selama sepekan, dibanding tanpa membawa ponsel.

  1. Uranophobia

Ini adalah fobia paling unik, yakni ketakutan berlebih terhadap tempat yang paling ingin didatangi manusia kelak, yakni surga. Mereka akan mengalami ketakutan berlebih saat melihat langit, sehingga akan merasa mual, perasaan sangat ketakutan, bahkan berpikir atau menyebut kata-kata surga. Alasan di balik ini mungkin karena mereka berpikir akan bertemu dengan Tuhan, malaikat atau orang yang mereka cintai yang telah meninggal dunia.

  1. Papaphobia

Fobia ini membuat penderitanya memiliki rasa takut kepada Paus atau kepausan. Beberapa gejala yang muncul, Seperti sesak napas, cemas, detak jantung cepat atau tidak menentu saat melihat Paus. Mereka tak cuma takut dengan Paus tapi juga dengan Gereja Katolik.

  1. Triskaidekaphobia

Ini adalah fobia yang paling umum dan begitu banyak diderita orang, ketakutan akut pada angka 13. Bagi masyarakat Amerika, angka 13 menjadi angka yang sangat ditakuti. Ada banyak alasan di balik ketakutan ini, salah satunya dari Alkitab.

Pada akhir abad ke-19, beberapa orang berpikir bahwa ketakutan terhadap angka 13 dimulai karena Yudas, si orang ke-13 yang bergabung dengan Kristus pada Perjamuan Terakhir telah mengkhianatinya. Selain itu, banyak kejadian nahas dan malang yang juga melibatkan angka 13, sehingga menambah rasa takut para pengidap phobia jenis ini.

  1. Trypophobia

Psikiater menyebutkan penderita fobia ini akan merasa tak nyaman dan cemas saat melihat bentuk atau pola menyerupai lubang-lubang kecil, seperti melihat buah stroberi, lubang spons atau benda lain dengan lubang kecil yang berkumpul dan berdekatan.