Menpora Soal Polemik Bendera Indonesia Terbalik: Tidak Ada Asap Tanpa Api


SURATKABAR.ID – Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) akhirnya angkat bicara mengenai postingan Menpora Malaysia, Syed Saddiq yang memaksa Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) untuk melaporkan Indonesia ke AFF. Pasalnya, baru-baru ini, lewat akun pribadi Instagram miliknya, Syed Saddiq menegaskan kekesalannya melihat perlakuan yang diterima oleh para penggawa Timnas Malaysia U-16 saat berlaga menghadapi Thailand di Piala AFF U-16 2018.

Meski begitu, Imam Nahrawi pun mengaku tak tahu apa pun tentang postingan Syed Saddiq yang meminta Indonesia dilaporkan dan mendapat sanksi dari AFF. Demikian seperti dilaporkan dalam reportase IndoSport.com, Sabtu (04/08/2018).

“Kalau soal Menpora Malaysia memposting itu saya tidak tahu, karena saya tidak memposting provokatif biasanya hal yang mendamaikan karena kita bertetangga, Menpora Malaysia juga datang ke Indonesia dalam keadaan nyaman, aman tanpa kendala apa pun,” ungkapnya soal Menpora Malaysia, Syed Saddiq yang ingin Indonesia disanksi.

“Tidak ada asap tanpa api, itu saja,” tutup Imam Nahrawi.

Malaysia Berlebihan

Baca juga: Valentinus Nahak Meninggal Dunia, Tak Disangka Ternyata Ini Pemicu Penyakitnya

Kendati demikian, Imam Nahrawi menilai sikap Malaysia itu terlalu berlebihan. Pasalnya Indonesia pernah mendapat perlakuan yang sama pada SEA Games 2017, namun ditanggapi dengan santai. Ia hanya mengatakan semua kontroversi yang terjadi saat ini tentu ada penyebabnya.

“Waktu saya datang ke SEA Games Kuala Lumpur saya juga dengar kok teriakan kasar kepada kita, videonya ada. Tapi, kita gak mundur tetap maju, ngapain mundur tinggal sekarang kalau mereka mengadu ke AFF, AFC dan FIFA suruh tengok semuanya yang kemarin-kemarin apakah sudah ditindak tegas atau tidak,” ungkap Menteri yang akrab disapa Cak Imam itu.

“Yang ada pemain U-16 Malaysia yang membalikan bendera kita, harus adil juga mereka menyikapi ini,” papar Imam.

Suporter Indonesia Diimbau Tak Menghina Timnas U-16 Malaysia

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha, memohon kepada suporter Indonesia yang ada di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, agar jangan kembali melakukan hinaan kepada timnas U-16 Malaysia.

Tisha juga meminta kejadian beberapa waktu lalu bisa diterima dengan kepala dingin oleh suporter Indonesia.

Sebelumnya, pada pertandingan pertama babak penyisihan Grup B, timnas U-16 Malaysia mendapatkan hinaan dari suporter Indonesia saat menghadapi timnas U-16 Thailand di Stadion Gelora Joko Samudro, Minggu (30/07/2018).

Ada beberapa suporter Indonesia yang rela datang untuk menyaksikan pertandingan tersebut dari tribun VVIP. Tentu saja hadirnya suporter Indonesia tak lepas dari rasa kecewa yang ditunjukkan salah satu pemain timnas U-16 Malaysia, Amirulash.

Sebelum Piala AFF U-16 dimulai, pemain timnas U-16 Malaysia itu memasang bendera Indonesia secara terbalik di akun Instagram story-nya. Demikian sebagaimana dikutip dari laporan TribunNews.com. Pemain yang bersangkutan pun juga sudah meminta maaf atas kesalahannya tersebut.

Hinaan dari suporter Indonesia juga membuat federasi sepak bola Malaysia (FAM) meminta timnas U-16 Malaysia untuk undur diri dari ajang terkait.