Waduh! Latihan Baca Sumpah Pemuda Sambil Acungkan Jari Tengah, Pengakuan Pelajar Ini Bikin Geram


SURATKABAR.ID – Lagi-lagi kelakuan pelajar zaman now sukses jadi perbincangan di kalangan pengguna jagad maya. Terekam video, seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Gowa , Sulawesi Selatan, menunjukkan gestur tak pantas ketika sedang berlatih membacakan Sumpah Pemuda.

Terlihat dengan jelas dalam rekaman video yang tersebar luas di media sosial tersebut, seperti dilansir dari laman Detik.com, Kamis (2/8/2018), seorang pelajar mengacungkan jari tengahnya saat tengah membacakan Sumpah Pemuda.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku yang langsung viral itu harus berhadapan dengan hukum. Disampaikan oleh Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, pemuda tersebut bersama beberapa orang teman sekolahnya langsung dipanggil polisi untuk menjalani proses pemeriksaan dan mereka sudah mengaku bersalah.

“Kami langsung mendatangi rumah siswa-siswi yang ada di dalam rekaman itu dan melakukan pemeriksaan terhadap mereka dengan pendampingan dari kedua orangtuanya,” tutur AKBP Shinto Silitonga, melalui keterangan tertulis, Kamis (2/8).

Siswa berinisial R tersebut mengaku kepada penyidik Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), bahwa dirinya mendapatkan tugas dari guru mereka untuk berlatih mengucapkan Sumpah Pemuda tanpa teks. Namun ketika tengah berlatih, ada teman sekolah yang  tiba-tiba mengganggunya.

Baca Juga: Gempar Video Istri Seruduk Suami Hingga Tewas Saat Mundurkan Mobil, Tak Disangka Begini Kebenarannya

“Refleks, ketika direkam, sambil mengucapkan Sumpah Pemuda, tangan R melakukan aksi yang tidak etis, apalagi diikuti nada ketawa dari R dan siswi tersebut. Tentu saja hal ini mengundang kemarahan dan ketidaksenangan netizen terhadap siswa-siswi tersebut, terutama terhadap R,” jelas Shinto.

Pasca menjalani pemeriksaan di Unit PPA Satreskrim Polres Gowa, R beserta orangtua dan kepala sekolahnya dipanggil Kapolres Gowa. Di hadapan aparat penegak hukum, R dan orangtuanya menyampaikan maaf sebesar-besarnya dan mengaku menyesali perbuatan tak pantasnya.

“R dan orangtuanya menangis dan meminta maaf kepada publik karena telah melakukan perbuatan tidak etis hingga viral di media sosial,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berpesan kepada para orangtua, guru, dan polsek untuk turut serta berperan aktif dalam senantiasa mengingatkan para siswa dan siswi mereka untuk lebih cerdas dan bijak ketika menggunakan media sosial.

“Kita terus memberi sosialosasi agar generasi muda kita bisa santun dan cerdas dalam bermedsos,” pungkas Shinto tegas.

Oknum Pelajar yang Viral di Medsos Berhasil Diamankan, 4 pelajar termasuk yang merekam. . Terkait Viralnya video salah seorang pelajar di Gowa yang mengangkat jemari tengah saat mengucapkan Sumpah Pemuda menjadi bahan cemohan dan rasa kesal pemudi pemudi Indonesia khususnya Netizen FB yang berada di Sulawesi Selatan. Rasa kesal itu dilampiaskan melalui beberapa komentar di Akun pelajar tersebut yang memposting Video penghinaan terhadap Sumpah Pemuda tersebut. Agar hal itu tidak berlarut-larut, kemudian Kasubbag Humas Polres Gowa tidak menunggu lama, dan langsung berkoordinasi dengan Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Rusdi Tata agar oknum yang memosting dan yang ada dalam tayangan Video segera diamankan guna dimintai keterangan. Setelah Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga mendapat laporan adanya informasi tentang Video tersebut spontan memerintahkan Kapolsek, personil Reskrim dan Intel untuk segera mengamankan siswa dan oknum yang ikut terlibat. Dalam waktu kurang lebih satu jam empat oknum siswa salah satu SMU di Gowa berinisial NR(16), Fk(17), Ma(18) dan MF (17) berhasil diamankan di Polsek Tinggi Moncong dan langsung dimintai keterangan dan rencana malam ini akan di bawa ke Polres Gowa guna dilakukan pendalaman lebih lanjut “Ujaran kebencian maupun penghinaan apalagi hal-hal yang dapat memecah belah Persatuan Bangsa menjadi atensi yang harus kami tindak lanjuti” tegas Akbp Shinto Silitonga. “Besok, kita akan rilis terkait kasus ini,” lanjutnya. Tak Hanya itu Kapolres Gowa, Akbp Shinto Silitonga juga menghimbau para pengguna sosial media atau netizen agar tidak menyebarkan lagi content tersebut dan mempercayakan penanganan hukumnya kepada Polres Gowa. Sumber : inikata.com . . . . . . . ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ Punya info ??? Jangan lupa kirim dan tag kami yaaa ? . . #jakarta #jakartainfo #bandung #bekasi #bogor #depok #bandung #malang #jogja #samarinda #aceh #medan #manado #palu #kendari #maluku #papua #bali #palembang #ntt #ntb #gorontalo #ambon #makassar #makassarinfo #visitsulsel #exploresulsel

A post shared by MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on