Alex Noerdin Nyatakan Siap Bantu Jernihkan Kali Item, Anies: Mereka Tidak Berpengalaman


SURATKABAR.ID – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin tegas menyatakan siap memberikan bantuan kepada Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menjernihkan Kali Item yang letaknya tak jauh dari Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, jelang Asian Games 2018.

Hal tersebut, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, pada Kamis (2/8/2018), diungkapkan Alex Noerdin ketika menjadi tamu dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan di Trans 7, pada Rabu (1/7) malam. Ia menyebut pihaknya sangat siap jika Pemprov DKI memerlukan bantuan.

“Kalau memang diperlukan bantuan dari Sumatera Selatan untuk menjernihkan Kali Item itu, kami siap,” ujar Alex yang langsung mendapatkan sambutan riuh tepuk tangan dan juga tawa dari para penonton yang hadir dalam acara tersebut, dikutip dari Kompas.com.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan malah langsung menolak maksud baik Alex. “Malah tambah keruh nanti, jamin tambah keruh,” seloroh Anies disambut gelak tawa dari para penonton.

Baca Juga: Kali Item Jadi Sorotan Media Asing, Anies Santai Bilang Begini

Lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa Pemprov Sumatera Selatan selama ini sudah terbiasa berhadapan dengan sungai dan lingkungan yang bersih. Kondisi tersebut jauh berbeda dengan yang ada di Ibu Kota Jakarta.

“Mereka tidak berpengalaman menghadapi sungai seperti (Kali Item) ini, berhadapannya dengan lingkungan yang bersih, nyaman, itu kirang menantang,” celetuk Anies kemudian, memantik riuh tawa penonton kembali.

Anies menambahkan, dalam rangka persiapan menyambut Asian Games 2018, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir aroma tak sedap yang berasal dari Kali Item yang lokasinya memang sangat dekat dengan penginapan atlet tersebut.

Salah satunya adalah solusi jangka pendek, yakni memasang kain waring. Pemasangan kain waring tersebut, disebutkan Anies, hanya solusi jangka pendek. Dan saat ini aroma tak sedap di Kali Item perlahan sudah mulai berkurang. Setidaknya tak sekuat dulu.

“Saya mulai awal bertugas itu, datang ke sana bersama Pak Presiden juga, salahs atu aroma yang paling kuat di sana aroma kali (Kali Item) itu. Sekarang Alhamdulillah sudah jauh lebih berkurang,” ungkap Anies dalam kesempatan yang sama.