Mulai dari Operasi Hingga Prediksi Ki Bintang Alam, Ini 6 Fakta Kelahiran Bayi Kahiyang Ayu


SURATKABAR.ID – Pada hari ini, Rabu (01/08/2018) tepat pukul 05.50 WIB, Kahiyang Ayu yang merupakan putri Presiden Joko Widodo telah melahirkan putri pertamanya melalui operasi caesar. Cucu kedua Jokowi ini lahir sehat dengan bobot 3,4 kilogram dan panjang 49 cm.

Kaki yang Membengkak

Beberapa hari sebelum proses kelahiran, Kahiyang melalui akun Instagramnya sempat bercerita tentang perubahan yang terjadi pada kakinya. Ia mengatakan bahwa saking bahagianya ia melakukan pemotretan maternity, tanpa disadari kakinya membengkak.

Terima kasih, kakakku @dierabachir @doleytobing @bennusorumba @noe_onhair udah menjaga mood ibu hamil ini utk tetap stabil (emoticons) udah bikin seneng selama foto2 berlangsung (emoticons) saking senengnya, sampe bumilnya ngga sadar klo kakinya bengkak (emoticons),” tulisnya seperti dikutip dari laman brilio.net, Rabu (01/08/2018).

Membaca pengakuan Kahiyang, netizen pun terkaget-kaget. Tak sedikit dari mereka yang juga tak menyadari bahwa kaki Kahiyang membengkak cukup besar jika ia tak menceritakannya di kolom keterangan foto.

Ehh..klo gak bilang bengkak…gak sadar klo itu kakinya bengkakk bangeettt….,” tulis @annisa_habibi.

Baca juga: Kahiyang Lahirkan Bayi Perempuan, Wetonnya Jadi Sorotan. Kenapa?

Aq baru engeuh kakinya bengkak se udah baca caption demi apa ttep cantik,” sambung @batakuu_sukabumi.

Mbak kaki nya bengkak ya mb @ayanggkahiyang . Kurangin makan garam nya ya mb ayang, dan banyak2in gerak kaki nya mb, biar gk bengkak mb, ohy, sehat2 semoga lancar sampek lahiran y mb…,” tulis @fazlifuzi0303.

Terima kasih, kakakku @dierabachir @doleytobing @bennusorumba @noe_onhair udah menjaga mood ibu hamil ini utk tetap stabil ?? udah bikin seneng selama foto2 berlangsung ?? saking senengnya, sampe bumilnya ngga sadar klo kakinya bengkak ?? . . . Photography by @dierabachir #LensedbyDIERABACHIR MUA @bennusorumba Hair @noe_onhair Stylist @doleytobing Decoration @throughairy Wardrobe @gheafashionstudio Accessories @rinaldyyunardi

A post shared by Kahiyang Ayu (@ayanggkahiyang) on

Klo ga dibilang bengkak kita jg gak ngeh kok. Sehat2 bumil,” sambung @zeenthastar.

Meskipun kaki bengkak tak apalah tidak mengurangi kecantikan kak @ayanggkahiyang sht sll . salam dr bandung kak,”tulis @srh.nurdiini.

Hadirnya anggota baru ke dalam keluarga Presiden Jokowi tentunya menjadi sebuah kebahagian yang amat besar. Dengan kelahiran cucu perempuan pertamanya, kini Jokowi mempunyai dua cucu. Cucu pertamanya yang bernama Jen Esthes merupakan anak dari putra pertama Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda.

Berikut rangkuman beberapa fakta kelahiran cucu kedua Jokowi sebagaiman dilansir dari laman TribunNews.com.

Kahiyang Melahirkan Lewat Operasi Caesar

Proses kelahiran putri pertama Kahiyang dilakukan melalui operasi caesar di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta. Bayi lahir sehat dengan bobot 3,4 kilogram dan panjang 49 cm.

“Alhamdulillah, pukul 05.50 WIB tadi telah lahir anak Bobby dan Kahiyang,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di Rumah Sakit seusai menemani proses kelahiran Kahiyang.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana; suami Kahiyang, Bobby Nasution;dan ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

Melahirkan Pada Pukul 05.50 WIB pagi

Bayi perempuan Kahiyang Ayu lahir pada Rabu (01/08/2018) sekitar pukul 5.50 WIB. Info persalinan Kahiyang Ayu diketahui dari acara Good Morning yang tayang di Transtv pukul 09.20 Wita.

Setelah 9 bulan mengandung, Kahiyang Ayu akhirnya resmi menjadi seorang ibu. Putri dari orang nomor satu di Indonesia ini bersalin di Rumah Sakit YPK Menteng, Jakarta Pusat.

Jokowi Langsung Temani Kahiyang

Sebelumnya, perihal persalinan Kahiyang tersebut dibenarkan oleh Herry Lontung Siregar yang juga paman sang suami.

“Rencananya besok,” kata Herry kepada wartawan dikutip dari Kompas, Selasa (31/07/2018) saat ditanya tentang hal tersebut.

Selain mengonfirmasi perihal lokasi dan waktu kelahiran, Herry juga menyatakan bahwa tadi malam, Presiden Jokowi sudah berangkat ke Rumah Sakit YPK untuk mendampingi putri tercintanya.

Herry diketahui juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pada Selasa malam, ia bersama delapan orang sekjen partai politik pendukung bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Presiden Bogor.

Kahiyang Posting Video Ini Pasca Melahirkan

Akun Instagramnya @ayangkahiyang, ia menyebutkan sudah tak sabar menantikan kehadiran buah pernikahannya dengan sang suami, Bobby Nasution. Ia juga menyampaikan harapannya agar kelak anaknya tumbuh besar dan berguna bagi sesama.

“Nak, ibu udah ngga sabar menanti kehadiranmu. Byk harapan dan doa utkmu, salah satunya adalah tumbuhlah menjadi anak yg berguna bagi orang lain nantinya,” tulisnya menyertai postingan tersebut.

Video tersebut ia buat dalam proyek yang bekerja sama dengan Mother Care Indonesia.

Pernikahan Kahiyang dan Bobby digelar dua sesi. Sesi pertama di Solo pada 8 November 2017 dan di Medan tanggal 26 November 2017.

Ki Bintang Alam Sempat Prediksikan Kehamilan Kahiyang

Jauh sebelum Kahiyang Ayu melahirkan bayi perempuannya, seorang konsultan Spritual Ki Bintang Alam telah memprediksi kehamilan dari putri presiden Jokowi Ini. Ki Bintang membaca dan meramal soal pernikahan serta masa depan rumah tangga Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Ki Bintang perkirakan kedua pasangan ini diramalkan bakal cepat punya momongan.

Ki Bintang mengatakan, pemilihan tanggal pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni 8 November 2017, sangat tepat.

“Pernikahan Kahiyang menurut perhitungan Jawa, semuanya bagus. Waktunya bagus, alam pun membaca, semuanya sudah bagus, hitungannya bagus,” kata Ki Bintang Alam saat diwawancara TribunWow.com, Selasa (07/11/2017) lalu.

Dikatakan Ki Bintang, Kahiyang dan Bobby adalah pemilik shio kambing, berdasarkan tahun kelahiran keduanya, yakni 1991.

“Pesan buat Kahiyang dan Bobby, sebaiknya mereka saling menjaga emosi. Soalnya dilihat dari shio mereka, keduanya merupakan shio kambing, tipe orang yang mudah diadu.”

“Ya saran saya, jangan dengarkan omongan orang secara sepihak, sebaiknya Kahiyang dan Bobby lebih membuktikan mereka lebih baik dari yang lain.”

“Bobby akan sukses jika bisa kerjasama dengan Kahiyang, Bobby ini tipe orang yang berani, sehingga gerak Bobby harus diimbangi dengan kehadiran Kahiyang yang mengontrol,” beber Ki Bintang.

Diperkirakan Ki Bintang, rumah tangga Kahiyang dan Bobby, akan berjalan mulus.

“Kalau ada pertikaian itu, ya pertikaian biasa.”

Menurut perhitungan tanggal lahir hingga hari pernikahan, lanjut Ki Bintang, rumah tangga Kahiyang dengan Bobby akan langgeng.

“Jadi prediksinya Kahiyang dan Bobby langgeng,” imbuh Ki Bintang Alam.

Penilaian Ki Bintang, karakter Bobby dan Kahiyang bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing.

“Bobby itu orang yang pintar tapi agak sembrono, ia mudah memutuskan sesuatu, padahal sasarannya belum jelas. Nah hal itu bisa dikendalikan oleh Kahiyang, sehingga mereka nantinya bakal sejahtera,” imbuhnya.

Kahiyang diramalkan akan lebih dominan dibanding Bobby. Alasannya, kata Ki Bintang, Bobby tipe orang yang pendiam, tapi pintar.

“Kahiyang merupakan tipe sedikit manja, tapi ia juga pintar,” tambahnya.

Soal momongan, kata Ki Bintang, pasangan ini tak perlu menunggu lama.

“Ya mungkin tiga bulan Kahiyang sudah hamil nantinya. Saya melihat Jokowi juga ingin segera memiliki cucu. Saat ini kan masih satu, jadi kalau nambah cucu, bakal tambah bahagia,” ungkapnya.

Mengenai masa depan pasangan tersebut, kata pria yang praktik di Jakarta Timur itu, Kahiyang bisa mendapat semua yang diinginkan.

“Kahiyang itu bisa mendapatkan semua yang ia inginkan, dengan syarat tidak mengikuti emosinya,” tandas Ki Bintang.