Berbisnis di Usia Muda, Kaesang Bocorkan Kunci Penting Kesuksesannya

SURATKABAR.IDKaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak lama menggeluti dunia bisnis. Kaesang pun membangun bisnis kuliner bernama Sang Pisang yang telah menyebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Dengan bisnisnya itu, Kaesang berharap bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk tak takut dalam membangun usaha.

Menurut Kaesang, bila ingin memulai sebuah usaha, ketika sudah memiliki ide langsung saja dijalankan, jangan menundanya.

“Saya berharap, Sang Pisang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Kalbar agar mau menjadi wirausaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” kata dia di Pontianak, Kalimantan Barat, saat menghadiri soft opening produknya, dikutip Kompas, Sabtu (28/7/2018) lalu.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan dan dapat menjadi penghasilan bagi kita, contohnya pisang ini adalah produk yang sederhana dan mudah didapat, namun jika diolah dengan baik, menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi,” tambah dia.

Baca juga: Salut! Tanggapi Nyinyiran Netizen Soal Bisnis Mainannya, Kaesang Santai Bilang Begini

Kaesang mengatakan, dirinya terinspirasi untuk membuat produk pisang karena dia suka pisang. Dengan produk tersebut diharapkan ke depan dapat meningkatkan pendapatan bagi petani pisang di Indonesia.

Dengan semakin banyaknya produk pisang yang dibuat sebut dia, petani pisang yang ada bisa menapatkan hasil yang lebih baik.

Sementara itu, Asari Kadir, Direktur Sang Kadir Indonesia sebagai pemegang produk dari Sang Pisang menyebut, sampai saat ini, Sang Pisang sudah ada di 26 kota di Indonesia dan di Kalbar merupakan cabang ke 27 dari Sang Pisang.

“Memang Sang Pisang baru diluncurkan, namun dalam 5 bulan ini. Namun, animo masyarakat sangat baik sehingga kita bisa cepat membuka cabang di setiap daerah. Tahun ini kita menargetkan ada 300 outlet yang dibuka se-Indonesia,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, Sang Pisang sudah menyerap banyak tenaga kerja.

“Dengan semakin banyak outlet, kita berharap ke depan semakin banyak juga tenaga kerja yang diserap,” sebut dia.