Segera Cek! Ini 8 Tanda Gajimu Terlalu Sedikit, Nomor 6 di Luar Dugaan Hina Banget


SURATKABAR.ID – Gaji menjadi hal yang paling penting ketika kita melamar suatu pekerjaan. Karena tidak dipungkiri, setiap orang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dan ketika gaji yang kita terima terlalu sedikit , tentu tidak ada salahnya segera pencari tahu.

Lalu apa saja ciri yang perlu kita waspadai sebagai tanda gaji yang diterima di bawah standar?

Dihimpun dari Wollipop.Detik.com, pada Jumat (28/7/2018), setidaknya ada 8 tanda Anda dibayar dengan gaji yang terlalu sedikit. Apa saja?

Penawaran Lowongan Kerja dengan Gaji Lebih Besar

Jangan salah. Karena informasi lowongan kerja juga berguna untuk orang yang sudah memiliki pekerjaan. Caritahulah apakah gaji sudah sesuai di lowongan tersebut, namun pastikan melihat lowongan tersebut menawarkan posisi dan tanggung jawab kerja seperti yang Anda miliki.

Perusahaan Untung Besar, Tapi Gaji Tetap

Setiap akhir tahun, biasanya perusahaan mengumumkan nilai keuntungan yang mereka terima. Yang perlu diwaspadai adalah, keuntungan perusahaan terus bertambah, namun tidak pernah ada kenaikan gaji. Cobalah membicarakannya pada atasan. Sampaikan juga pencapaian yang telah Anda raih.

Baca Juga: Gila! Kerjanya Cuma Kupas Kulit Udang, Gaji yang Diterima Wanita Cantik Ini Bikin Geleng-Geleng

Tanggung Jawab dan Pekerjaan Terus Bertambah, Gaji Tidak

Ada tanda gaji Anda terlalu sedikit yang perlu diwaspadai, yakni pekerjaan dan tanggung jawab di kantor yang terus bertambah, namun tak kunjung ada kenaikan gaji. Seharusnya, pertambahan beban kerja berbanding lurus dengan penghasilan.

“Jika bos kamu terus saja menambah tugas, kerja tambahan, terutama tanggung jawab lebih tanpa adanya kenaikan kompensasi atau bahkan diskusi mengenai itu, itu bisa jadi tanda kamu digaji kurang,” jelas Michael Kerr, pembicara karier dan penulis The Humor Advantage, dikutip Detik.com dari Bussines Insider.

Gaji dan Fasilitas Teman Lebih Besar

Uang memang bukan topik pembicaraan yang mudah diangkat, bahkan kepada sesama teman. Tapi tetap tidak ada salahnya menggali informasi dari rekan-rekan Anda. Lihatlah apakah rekan dengan jabatan, pengalaman, dan tanggung jawab kerja yang sama dengan Anda menerima gaji lebih besar.

Anda Memiliki Kemampuan Langka

Tak hanya pendidikan dan pengalaman, kemampuan seseorang juga bisa mempengaruhi gaji. Mereka dengan kemampuan langka, biasanya mendapatkan bayaran lebih tinggi. Dan apabila penghasilan Anda sangat sedikit padahal Anda memiliki kemampuan unik yang jarang dimiliki, ini perlu dipertanyakan.

‘Curi-Curi’ di Kantor

Mungkin ciri yang satu ini tak pernah terbayang di benak Anda sebelumnya. Coba ingat-ingat kembali. Apakah Anda pernah menghabiskan waktu istirahat lebih lama atau sekedar ‘mengutil’ barang-barang kecil milik kantor?

Ya, semua itu sedikit contoh bahwa tanpa disadari Anda merasa tidak nyaman lagi bekerja untuk perusahaan. Dan ini merupakan salah satu bentuk ‘protes’ dari diri Anda untuk menuntut kenaikan gaji pada perusahaan.

“Karena kamu merasa memilikinya, bahkan dalam tingkat tidak sadar, ini bisa jadi tanda jelas kami merasa digaji kurang,” tutur Kerr lebih lanjut.

Bonus adalah Sebuah Kemewahan yang Tak Pernah Dirasakan

Meski gaji yang diterima tidak terlalu besar, namun dengan adanya bantuan finansial berupa bonus dari perusahaan setiap tahun, seorang pekerja bisa memakluminya. Tetapi jika semua itu adalah kemewahan yang mustahil ada di lingkungan kerja Anda, sebaiknya menyerah dan cari pekerjaan lain.

Rekan Kerja Datang dan Pergi

Tidak ada pegawai yang sanggup bertahan bekerja lama-lama di kantor Anda. Rekan kerja datang dan pergi dengan cepat. Ini bisa menjadi tanda ada kesalahan di perusahaan atau divisi tempat Anda bekerja. Bisa jadi perusahaan memberi gaji yang terlalu sedikit pada mereka.

Itulah 8 tanda Anda digaji terlalu sedikit. Tak perlu menunda lebih lama lagi, segeralah mencari lowongan kerja di perusahaan lain yang bersedia menghargai para karyawannya.