Keke Challenge Sebabkan Korban, Polisi: Kalau Mau Joget di Tempat Senam Aja


SURATKABAR.ID – Baru-baru ini, banyak public figure yang beramai-ramai mencoba Keke Challenge. Memang benar, di era teknologi digital seperti ini, banyak hal yang bisa dengan mudahnya tersebar melalui akun-akun media sosial hingga lantas menjadi viral. Salah satunya ialah aksi yang dilakukan oleh pengguna mobil yang sengaja turun ke jalan sambil menari atau lebih populer sebagai Keke Challenge.

Aksi viral itu tak hanya melejit di berbagai belahan dunia, tapi juga di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan maraknya public figure yang mengikuti tren keke challenge untuk merekam aksinya di jalanan. Sebut saja selebritas Tanah Air seperti Nia Ramadhani, Jessica Iskandar, Ria Ricis hingga Nissa Sabyan, demikian dilansir dari laman IDNTimes.com, Minggu (29/07/2018).

Pihak kepolisian kemudian merespons hal tersebut. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Iqbal sendiri dengan tegas melarang aksi ini dilakukan oleh masyarakat. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan marabahaya di jalan.

1. Keke Challenge bisa sebabkan kecelakaan

Dikatakan Iqbal, larangan tersebut dilakukan karena alasan keamanan bagi pengguna jalan. Karena itu, pihaknya akan melakukan penindakan.

Baca juga: Mimpi Jadi Nyata, Kisah Ini Buktikan Kamu Juga Bisa Nikahi Oppa Korea!

“Penegakan hukum itu yang dimaksud bahwa polisi ingin masyarakat pengguna jalan selamat. Karena pengguna jalan bukan hanya bertanggungjawab pada diri sendiri saja, tapi kepada masyarakat pengguna jalan yang lain. Gara-gara itu yang lainnya bisa tabrakan,” katanya.

 

2. Pengguna jalan harus disiplin ikuti aturan lalu lintas

Iqbal menambahkan, aksi Keke Challenge ini tak ada dampak positifnya. Para pengguna jalan diwajibkan patuh dan disiplin terhadap aturan yang ada pada suatu negara. Karena polisi ingin mereka yang menggunakan jalan bisa selamat.

“Gak ada untungnya. Kalau mau joget di tempat senam aja, kalau di jalan UUD konsentrasi. Jangankan keluar, buka pintu, joget, pakai handphone saja dilarang. Polisi ingin semua pengguna jalan selamat. Karena ketika kecelakaan, social cost-nya banyak, ada efek domino,” tandasnya.

3. Sejumlah orang alami kecelakaan

Bukan tanpa alasan pihak Kepolisian melalukan larangan atas aksi Keke Challenge tersebut. Pasalnya, di berbagai negara sudah banyak berjatuhan orang-orang yang menjadi korban. Mulai dari tertabrak mobil yang berlawanan arah hingga badannya terhempas dari mobil yang ditumpangi. Duh, seram ya!