Dapatkan Wajah Lebih Cerah dengan Coklat, Simak 8 Caranya


SURATKABAR.ID – Apakah coklat termasuk salah satu makanan favoritmu? Tak banyak yang tahu, panganan yang satu ini memiliki kandungan terbaik di dunia. Tak hanya bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik, coklat juga ternyata dapat meningkatkan ingatanmu.

Selain para penggemar coklat akan semakin berbahagia denan mengonsumsinya, ternyata coklat juga bisa menyehatkan dan mencerahkan kulit wajahmu. Yuk simak 8 cara untuk membuat masker dari bubuk kokoa (coklat) seperti yang dilansir dari Boldsky melalui Tempo.co, Jumat (27/07/2018).

  1. Kokoa, Gram Flour Dan Yoghurt

Tepung Gram (tepung kacang buncis) merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang mempunyai masalah jerawat, ingin mencerahkan kulit wajah, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit secara keseluruhan.

Bahan yang perlu disiapkan ialah setengah cangkir bubuk kokoa, satu sendok makan tepung gram, 1-2 sendok teh yoghurt dan setengah jus lemon (opsional). Campurkan semua bahan diatas dalam sebuah mangkuk dan aduk sampai halus tidak ada sisa tepung yang menggumpal.

Baca juga: Ingin Wajah Putih Berseri? Coba Masker Susu Kental Manis

Oleskan ke wajah dan biarkan masker ini mengering selama setengah jam. Harus diingat bagi yang kulitnya sensitif terhadap lemon, setelah mencuci wajah, langsung saja gunakan pelembab. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ulangi penggunaan masker ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Kokoa, Kunyit Dan Multani Mitti Clay

Multani Mitti Clay akan membersihkan kulit dan menghilangkan kelebihan minyak yang digunakan dalam banyak produk kecantikan. Kunyit mengandung antimikroba yang dikenal memiliki efek yang sangat baik pada kulit termasuk mencerahkan kulit. Untuk mencampur bahan-bahan bersama, gunakan air mawar, yoghurt atau jus lemon.

Campur seperempat cangkir bubuk kokoa, 1-2 sendok makan atau lebih bubuk Multani Mitti Clay, satu sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan air mawar (atau seperlunya) atau 1 sendok teh lemon atau 2 sendok makan yoghurt, aduk sampai halus. Oleskan ke wajah dan biarkan masker ini mengering selama setengah jam. Pastikan menggunakan masker ini dengan tebal. Setelah mengering, bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

  1. Kokoa, Kopi dan Susu

Kafein dalam kopi dapat mengurangi kusam, bengkak, dan membantu dalam menyerahkan kulit wajah. Ditambah susu, madu jika memiliki kulit kering, atau menambahkan jus lemon jika memiliki kulit berminyak. Campur seperempat cangkir bubuk kokoa, secangkir seperempat biji kopi yang digiling halus, dan setengah cangkir susu. Setelah tercampur semua tambahkan 2 sendok makan madu.

Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan selama setengah jam atau sampai kering. Karena mengandung kopi, kemungkinan besar bentuk masker akan berantahkan namun itu semua kembali pada seberapa halus Anda menggilingnya. Basahi masker dengan lembut setelah kering, dan bersihkan perlahan-lahan dengan kain basah. Bilas dengan air hangat lagi. Cara terbaik untuk menggunakan masker ini adalah seminggu satu kali.

  1. Kokoa, Teh Hijau, dan Minyak Zaitun

Kombinasi kokoa dan teh hijau dapat membuat kulit terlihat segar dan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Siapkan setengah cangkir bubuk kokoa, 2-3 kantong teh hijau dan 1 sendok makan minyak zaitun. Seduh teh hijau sampai menjadi dingin lalu campurkan semua tersebut. Tambahkan yoghurt jika membutuhkan konsistensi yang lebih tebal. Oleskan masker di wajah dan biarkan kering selama sekitar setengah jam, lalu bilas dengan air. Gunakan masker ini sekali atau dua kali dalam seminggu.

  1. Kokoa, Alpukat dan Oats

Kandungan vitamin, asam lemak dan mineral alpukat dapat menyehatkan dan melembapkan kulit. Sedangkan oat dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari lapisan atas kulit, membuatnya bercahaya dan tampak sehat. Campur 5 sendok makan bubuk kokoa, 4 sendok makan madu, 3 sendok makan bubuk oat dan 2 sendok makan alpukat tumbuk sampai halus. Sebaiknya tambahkan madu setelah mencampur bahan-bahan tersebut.

Oleskan pada kulit dan pijat dengan lembut agar oat dapat membantu pengelupasan mengelupas kulit dengan mudah.Biarkan selama sekitar setengah jam dan bersihkan dengan air hangat setelah kering. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Kokoa, Jeruk dan Oat

Ini merupakan masker anti penuaan yang ampuh. Kombinasi dari ketiganya membuat kulit bersih dan halus. Campur 1 sendok makan bubuk kokoa, 1-2 sendok makan perasan jeruk, 1 sendok makan bubuk oat dan setengah sendok makan bunga jeruk, sampai menjadi pasta masker. Oleskan pada kulit dan pijat dengan lembut. Setelah kering, bersihkan dengan air hangat. Anda dapat menggunakan masker ini seminggu sekali.

  1. Kokoa, Pisang, Yoghurt, dan Madu

Kombinasi dari empat bahan ini bekerja untuk mencerahkan kulit Anda. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 sendok makan bubuk coklat, 8 sendok makan atau setengah cangkir pisang tumbuk, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan yoghurt. Campurkan bahan-bahan tersebut. Oleskan pada kulit dan biarkan sampai kering. Cuci bersih dengan air hangat. Gunakan masker ini sekali atau dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Kokoa, Telur dan Minyak Zaitun

Masker ini dapat membuat kulit Anda menjadi lembut, lembab dan membuat wajah terhidrasi. Anda juga bisa mengganti minyak zaitun dengan minyak kelapa jika suka. Anda perlu menyiapkan setengah cangkir bubuk cocoa, 1 kuning telur dan 1-2 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Campurkan bahan-bahan dengan benar ke dalam mangkuk. Oleskan pada kulit dan biarkan selama sekitar setengah jam atau sampai kering. Lalu bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.