6 Parpol Koalisi Sudah Setujui Cawapres Jokowi, Benarkah Mahfud MD?


    SURATKABAR.ID – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD digadang-gadang menjadi salah satu kandidat terkuat cawapres Joko Widodo (Jokowi) diantara sejumlah kandidat lainnya.

    Senin (23/7/2018) kemarin, Jokowi dan enam ketua partai politik yang mengusung Jokowi di Pilpres 2019 bertemu di Istana Bogor. Kabarnya, mereka telah memutuskan siapa sosok yang bakal menjadi cawapres Jokowi.

    Mengenai pertemuan ini, Mahfud memberikan apresiasi dan menganggapnya memang harus ditempuh oleh Jokowi.

    “Bagus. Proses itu memang harus ditempuh. Partai pengusung ambil kesepakatan dan kesepakatannya pengerucutan 1 nama, diumumkan oleh Pak Jokowi,” ujarnya setelah bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (24/7/2018), dikutip dari kompas.com.

    Baca juga: Soal Peluangnya jadi Capres-Cawapres, Gatot: Enggak ada Peluang

    Sementara soal siapa yang dipilih Jokowi menjadi cawapresnya dalam pesta demokrasi tahun depan, Mahfud mengaku tak tahu menahu. Ia mengatakan, keputusan tersebut ada di tangan presiden dan partai pengusung.

    “Ndak tahu saya. Memang parpol, Presiden, dan partai pengusung yang memutuskan,” tuturnya.

    Diketahui, terdapat 10 nama yang disebut-sebut sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi. Mereka adalah Mahfud MD,¬†Muhaimin Iskandar, Romahurmuziy, Airlangga Hartanto, Moeldoko, Chairul Tanjung, Ma’ruf Amin, Din Syamsudin, Sri Mulyani, dan Susi Pudjiastuti

    Dari 10 tokoh tersebut, Jokowi dan parpol pendukungnya telah memilih satu nama yang dianggap paling pas. Namun, hingga kini belum diumumkan siapa sosok pilihan tersebut.

    “Koalisi sudah bulat, (nama cawapres) sudah di tangan Presiden. Mengerucut ke satu nama,” terang Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

    Rencananya, cawapres Jokowi ini akan diumumkan dalam waktu dekat, sekitar 1-2 pekan ke depan.

    Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang juga mendukung Jokowi menyebutkan bahwa partai koalisi telah menyerahkan pada Jokowi kapan waktu yang tepat untuk mengabarkan soal sosok cawapresnya.

    Meski tak menguraikan secara lengkap, Romy memastikan bahwa pengumuman tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.