Ketahui 6 Penyebab yang Bikin Selangkangan Sering Terasa Gatal


SURATKABAR.ID – Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan rasa gatal di selangkangan. Rasa gatal di bagian tubuh ini memang wajar dialami setiap orang—sama halnya dengan gatal di bagian tubuh lainnya. Hanya saja, gatal di daerah selangkangan memang sering kali lebih menyusahkan ketimbang gatal di bagian tubuh lain. Pasalnya, menggaruk area ini di depan umum tentunya memalukan. Sehingga kita harus melihat lingkungan sekitar dulu jika ingin menyentuhnya mengingat ini tidak pantas.

Dokter kulit di NYU Langone Dermatology Associates, AS, Evan Rieder, MD menuturkan, rasa gatal pada alat kelamin, atau sering disebut jock itch dan tinea curis, disebabkan oleh infeksi dangkal pada kulit selangkangan. Infeksi ini, seperti dilansir dari laporan Liputan6.com, Selasa (24/07/2018) disebabkan beberapa spesies jamur yang berbeda.

Selain itu, laman Men’s Health menyebutkan bahwa gatal pada kelamin lebih rentan terjadi pada pria karena anatomi eksternal di pangkal paha. Hal itu diperparah dengan gesekan dan lingkungan yang lembab.

Patut disadari, selangkangan merupakan tempat berkembang biak jamur, terutama setelah berkeringat.

“Jika Anda tidak punya waktu untuk mandi setelah itu, keringat dan bakteri yang dikeluarkan pori-pori tidak punya kesempatan untuk turun. Ini menciptakan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan tinea (jamur),” ungkap Ross C. Radusky, MD, dokter kulit di SoHo Skin and Laser Dermatology, Amerika Serikat.

Baca juga: Ladies, Jangan Asal! Ini Lho 9 Cara Tepat untuk Mencuci Pakaian Dalammu

Selain itu, diabetes juga meningkatkan risiko gatal di alat kelamin. Hal ini karena adanya kelebihan gula yang keluar lewat keringat, dan menjadi bahan makanan untuk jamur. Terlebih, sistem kekebalan tubuh juga berperan besar terhadap risiko Anda terkena infeksi kulit.

Biasanya, gatal akan disertai dengan ruam merah atau serpihan bersisik yang biasanya, berada di tepi ruam.

“Meskipun bisa muncul di skrotum atau pangkal p*enis, paha, dan bokong menjadi area lain yang terpengaruh,” tambah Radusky.

Jika tak ditangani, ruam bisa menyebar di selangkangan dan menyebabkan bau yang tak sedap.

Lantas apa saja penyebab selangkangan gatal? Simak penjelasan berikut ini, sebagaimana dilansir dari laman HelloSehat.com.

1. Tak menjaga kebersihan alat kelamin

Sebagai salah satu area tubuh yang selalu tertutup, seringnya selangkangan dilindungi oleh lebih dari satu lapisan pakaian. Alhasil, udara di bagian selangkangan akan jauh lebih hangat bila dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Jika Anda tak rutin menjaga kebersihan daerah tersebut, maka area genital ini akan jadi berkeringat dan lembab. Selain itu, adanya rambut kemaluan juga membuat keringat, sel kulit mati dan kuman jadi lebih rentan berkembang. Hal inilah yang memicu orang mengalami gatal di bagian selangkangan.

2. Iritasi

Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat Anda menggunakan celana dalam yang ketat juga bisa memicu infeksi. Jika Anda menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal ini akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Itulah sebabnya kulit kemudian jadi kemerahan dan timbul ruam seperti luka bakar, gatal-gatal, bahkan bersisik.

3. Infeksi jamur

Selangkangan merupakan salah satu lokasi paling strategis bagi jamur untuk berkembang biak dengan cepat. Ini dikarenakan area tersebut bersuhu lembab dan hangat. Umumnya, penyebab selangkangan gatal merupakan akibat dari infeksi jamur di bagian terluar dari kulit, terutama di daerah selangkangan. Tinea cruris adalah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yang biasa dikenal sebagai kurap.

4. Kutu kemaluan

Kutu dan kudis merupakan parasit yang bisa sebabkan kulit gatal. Jika Anda mengalami rasa gatal, iritasi dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan, bisa jadi Anda terkena parasit yakni kutu kemaluan. Jika dilihat menggunakan kaca pembesar, kutu kemaluan akan tampak seperti kepiting, dan memang merupakan penyebab gatalnya selangkangan. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka pada daerah genital yang disertai tanda abu-abu biru kecil. Kondisi ini dikenal sebagai macula cerulae.

5. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak dapat mempengaruhi bagian tubuh manapun termasuk pangkal paha. Ada dua jenis dermatitis kontak, yakni alergi dan iritasi. Dermatitis kontak alergi muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu yang tak berbahaya. Hal ini dapat terjadi saat seseorang mengalami kontak dengan sabun, shampoo dan bahkan deterjen.

Sedangkan dermatitis kontak iritasi yakni ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Iritasi dapat bervariasi mulai dari keringat, urin, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan (biasanya dengan tindikan) dan pakaian ketat bisa juga jadi penyebab selangkangan gatal.

6. Penyakit kelamin

Penyebab selangkangan gatal bisa juga akibat dari sering melakukan hubungan seksual, terlebih jika dilakukan dengan berbeda-beda pasangan. Patut diwaspadai, hal ini merupakan indikasi seseorang mengalami penyakit menular seksual seperti herpes genital, sipilis, kutil kelamin, gonore, dan lainnya.

Solusi

Untungnya, perawatan untuk kondisi gatal selangkangan terbilang mudah. Anda bisa menggunakan bedak guna mengurangi kelembaban. Opsi lainnya, gunakan obat yang bersifat antijamur.

“Anda dapat menggunakan krim clotrimazole satu persen, atau Tolnaftate satu persen yang dijual bebas. Gunakan tipis dan tambahkan bedak,” tambah Radusky.

Hindari salep berminyak yang hanya akan meningkatkan kelembaban. Hal itu akan membuat rasa gatal menjadi lebih parah. Namun jika gatal masih juga tak berkurang selama beberapa minggu, atau kemerahan menyebar disertai kulit retak dan menyakitkan, periksakan segera ke dokter.

Anda juga mencegah gatal pada alat kelamin dengan mandi dan mengeringkan tubuh sehabis berolahraga. Gunakan selalu pakaian katun yang longgar dan rajinlah mengganti peralatan olahraga Anda.

“Menghindari pakaian non-katun juga membantu. Terkadang, pakaian sintetis yang menyerap keringat menyebabkan panas dan mempengaruhi pria untuk terkena infeksi semacam ini,” ujar Rieder.

Memakai kaus kaki juga sangat berguna untuk mencegah jamur naik dari kaki dan menyebabkan area kelamin terasa gatal.