Tanggapi Kritik, Anies Minta Peneliti ITB Turun ke Lapangan Cek Waring Kali Item


SURATKABAR.ID – Diyakini Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta, bau tak sedap Kali Item dekat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah jauh berkurang sejak ditutup waring (kain hitam berjaring) dibanding dua atau tiga bulan lalu.

Oleh sebab itu, seperti dikutip dari laporan CNNIndonesia.com, Minggu (22/07/2018), Anies meminta agar pihak-pihak yang mengkritik langkah pemprov memasang waring agar datang ke lokasi dan membuktikan sendiri.

“Saya harap yang membantu untuk kita menyelesaikan, lihat ke sini. Jangan hanya duduk di ruangan AC yang jauh dari lapangan,” ujar Anies di sekitar Kali Item, Sabtu (21/07/2018).

Waring Hanya Sementara

Dengan tegas Anies menandaskan penutupan waring hanyalah bersifat sementara. Menurutnya, masalah terbesar dalam Kali Item ialah limbah rumah tangga dan industri yang mengendap di sana.

Baca juga: Kali Item Ditutup Kain Hitam, Anies Sebut Untuk Kurangi Bau

Anies melanjutkan, pemasangan waring penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bau tak sedap yang dapat mengganggu atlet. Pasalnya, seperti diketahui, area makan di Wisma Atlet berhadapan langsung dengan kali tersebut.

“Tadi saya ngobrol dengan Pak Wagub, utamanya adalah pagi saat breakfast. Alhamdulillah, kalau pagi evaporasinya (penguapan air) belum terlalu kuat,” tutur Anies.

Ada pun wisma tersebut saat ini tengah ditempati oleh para atlet dari berbagai negara yang akan bertanding di ajang Asian Games mendatang.

Sementara itu, Dinas Kehutanan DKI juga akan meletakkan tanaman rambat di atas waring.

Diketahui, kali atau sungai yang membatasi antara kawasan Sunter dan Kemayoran itu memang memiliki tingkat polusi yang cukup tinggi.

Tak hanya itu, air di kali ini juga berwarna hitam pekat. Adapun langkah Pemprov DKI menutup Kali Item alias Kali Sentiong dengan jaring hitam menuai kritik dari beberapa kalangan.

Melansir laporan Detik.com, Anies juga meminta peneliti lingkungan ITB untuk turun langsung ke lapangan dan tidak sembarang komentar soal efektifitas waring di Kali Item, Sunter, Jakarta Utara. Hal ini dikarenakan Anies merasa bau sekarang jauh lebih berkurang dibanding 2 bulan lalu.