Terkuak! Bukan Karena Dipegang Setan, Ternyata Ini Penyebab Tubuh Tiba-Tiba Lebam Biru. Nomor 3 Tak Disangka


    SURATKABAR.ID – Pernah terkejut ketika mendapati bagian tubuh tiba-tiba lebam atau memar, padahal sebelumnya tidak terbentur? Timbulnya bercak biru yang disertai rasa sakit ketika disentuh pada salah satu bagian tubuh, ternyata bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Dan perlu segera diatasi.

    Tiba-tiba memar atau lebam biru yang muncul tanpa sebab, biasanya dikaitkan dengan hal-hal mistis. Seperti disentuh oleh makhluk tak kasat mata. Jangan takut dulu, karena lebam biru yang muncul secara ajaib di tubuh kita tidak ada kaitannya sama sekali dengan kejadian gaib.

    Seperti yang dirangkum oleh Detik.com, pada Kamis (19/7/2018), di bawah ini beberapa penyebab timbulnya lebam atau memar biru pada tubuh Anda:

    Kekurangan Asupan Vitamin

    Defisiensi beberapa vitamin dan mineral, seperti misalnya Vitamin, K, C, zat besi, atau bioflavanoid, rupanya dapat menyebabkan timbulnya memar secara tiba-tiba. Pasalnya vitamin dan mineral tersebut berperan dalam pembekuan darah.

    Baca Juga: Mengenaskan! Seorang Bayi Tewas Overdosis Usai Diberi ASI, Tak Disangka Ternyata Begini Fakta Sebenarnya

    Diabetes

    Tidak hanya dapat mempengaruhi kadar gula darah, diabetes juga disebutkan dapat mengganggu sirkulasi darah. Dan dampaknya adalah, pengidap diabetes akan jauh lebih mudah mengalami memar tiba-tiba.

    Selain itu, kondisi hiperglikemia atau terlalu banyak glukosa dalam darah, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah seiring dengan berjalannya waktu, yang kemudian berisiko dapat menimbulkan memar.

    Penuaan

    Memar atau lebam yang konstan muncul pada bagian punggung tangan atau lengan, umumnya dialami oleh orang dewasa yang usianya lebih tua. Kondisi ini dikenal sebagai purpura aktinik. Biasanya diawali dengan bercak merah, lalu berubah keunguan, lebih gelap, sebelum akhirnya perlahan-lahan pudar.

    Untuk jenis memar yang satu ini muncul lantaran dinding pembuluh darah melemah akibat terkena paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti aspirin, Coumadin, atau bahkan alkohol, dapat memperburuk kondisi.

    Sedang dalam Pengobatan Tertentu

    Mengonsumsi jenis obat-obatan, seperti yang disebutkan sebelumnya, dapat menimbulkan memar atau lebam secara tiba-tiba. Pengencer darah, seperti warfarin dan aspirin yang berfungsi untuk mencegah darah membeku, justru dapat menyebabkan seseorang semakin rentan terhadap memar konstan.

    NSAID, seperti ibuprofen, kortikosteroid, misalnya kortisol atau prednison, bahkan SSRI, seperti Prozac, memiliki efek serupa. Lalu suplemen alami, seperti ginko biloba atau minyak ikan, apabila dikonsumsi secara berlebihan, juga dapat menyebabkan memar. Namun hanya terjadi pada beberapa kasus.

    Itulah sejumlah penyebab timbulnya memar atau lebam secara tiba-tiba. Jadi tidak ada hubungannya dengan setan atau hal-hal gaib lainnya, ya?