SBY Bakal Ketemu Prabowo, Demokrat: Akan Penuh Kejutan


SURATKABAR.ID Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dikabarkan bakal mengadakan pertemuan pada Rabu (18/7/2018).

Hal tersebut dibenarkan oleh Wasekjen DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik, ia menyebut jika pertemuan tersebut direncanakan bukan di Hambalang atau di Cikeas, melainkan digelar di rumah SBY di wilayah Kuningan.

“Rabu ini, 18 Juli, insya Allah Pak SBY dan Pak Prabowo bertemu, membahas beberapa hal. Semoga mencapai beberapa kesepakatan yang berguna bagi berjalannya demokrasi dan Pemilu 2019 yang adil dan sehat,” kata Rachland kepada wartawan, Senin (16/7/2018), dikutip dari republika.co.id.

Rachland menjelaskan bahwa pertemuan kedua tokoh tersebut terkait pembentukan koalisi menjelang Pilpres 2019. Menurutnya, Demokrat berharap dari pertemuan itu terjadi komunikasi antartokoh yang akan menantang Joko Widodo (Jokowi). Termasuk juga mengenai pelaksaan Pemilu mendatang bisa berjalan berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, yakni jujur, langsung, bebas, dan rahasia.

Baca Juga: Seorang Haji Kaya Raya Ingin Dikubur Bersama Harta Bendanya, Alasannya Mencengangkan

Ia juga menjelaskan bahwa pihkanya juga bakal menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Meski demikian, dirinya tak mau banyak berkomentar jika tawaran tersebut tidak disetujui Gerindra. Termasuk juga mengenai jika AHY ditawari sebagai menteri, Rachland enggan berkomentar.

“Tawaran menteri belum masuk, yang paling penting adalah poin-poin itu tadi syarat capres-cawapres yang mengusung inklusivitas bukan eksklusivitas,” ujar Rachland.

Perihal banyak pihak yang menilai Demokrat tidak jelas posisinya untuk mendukung Jokowi atau Prabowo, Rachland menuding hal itu disuarakan oleh pihak luar yang ingin Demokrat segera merapat ke Jokowi.

“Orang yang berpendapat sikap Demokrat seolah tidak pasti, datang dari kubu Jokowi yang berusaha memaksa Demokrat segera bersikap merapat ke kubu Jokowi,” katanya menegaskan.

Baca Juga: Belum Putuskan Dukung Prabowo, PAN: Kita Mau Mendukung Capres yang Akan Menang

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan jika akan ada kejutan dari pertemuan SBY dan Prabowo tersebut. “Tanggal 18 kami siapkan pertemuan antara SBY dan Prabowo. Akan penuh kejutan,” ujar Hinca, Senin (16/7/2018).

Meski demikian, Hinca tak bersedia menjelaskan secara detail perihal kejutan itu. “Tunggu saja nanti dua hari lagi,” ujar Hinca.

Namun Hinca tetap menegaskan bahwa Demokrat masih terbuka untuk tiga opsi dalam menghadapi Pilpres 2019. “Posisi demokrat tetap tiga, bisa ke Jokowi bisa ke Prabowo, bisa tidak Jokowi tidak Prabowo,” kata Hinca.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSeekor Ular Piton Terpaksa Dioperasi Karena Telan Benda Ini
Berita berikutnyaOgah Nyaleg dan Putuskan Akan Tetap di PKS, Tak Disangka Begini Alasan Fahri Hamzah