Seekor Ular Piton Terpaksa Dioperasi Karena Telan Benda Ini


SURATKABAR.ID – Bukan hal yang mengejutkan lagi menemukan ular memangsa benda asing yang dikira mangsa. Namun peristiwa satu ini bahkan sukses membuat salah seorang pawang ular terperanjat usai mendapati penampakan aneh di depan matanya sendiri.

Hayley-Anne Hill dari Miss Hiss Reptiles, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, pada Minggu (15/7/2018), dipanggil ke sebuah rumah yang terletak di Kuranda, Queensland. Keluarga penghuni rumah tersebut mendapati reptil sepanjang 2 meter melahap boneka sapi kepunyaan sang putri.

Kejadian ini, seperti diakui Hill, menjadi satu pengalaman yang sangat baru sepanjang dua dekade terakhir penangkapan ular yang dijalaninya. “Seluruh rumah gembira pada saat kami tiba di sana, itu bukan sesuatu yang Anda temui setiap hari,” paparnya, dikutip dari Kompas.com.

“Kami mengantongi ular yang mencoba mencerna item non-makanan ini dalam waktu sekitar 20 detik. Kami langsung tahu ular itu baru saja makan sesuatu. Tonjolan di tengah-tengah ular itu seukuran ayam. Bagus mereka mengawasinya, kalau tidak, kami tak akan tahu itu mainan dan itu bisa saja merugikan,” tambahnya.

Usai menangkap reptil malang tersebut, Hill kemudian melarikannya ke dokter hewan setempat. Sang dokter yang bertugas langsung menawarkan pilihan operasi untuk mengangkat mainan yang kini telah bersarang di perut sang ular.

Baca Juga: Mengerikan! Ular Piton 9 Meter Lilit Leher Seorang Petugas, yang Terjadi Selanjutnya Bikin Warga Kocar-Kacir

Shanon Diblasio, seorang perawat kehewanan, memberikan pengakuan bahwa tindakan operasi terpaksa diambil tim lantaran ular tersebut gagal memuntahkan boneka yang merupakan benda asing dari dalam perutnya.

“Mainan yang berbulu menyerap banyak cairan internal, jadi kami memberi cairan ular itu kemudian salah satu dokter hewan kami menyuntiknya dengan anastesi umum dan mengoperasinya,” jelas Diblasio.

“Kami mendengar ia menelan mainan anak-anak, tetapi kami tidak yakin apa jenisnya, lalu sapi mainan itu keluar lebih dulu, jadi hampir seperti melahirkan mainan,” tutur Diblasio menjelaskan proses operasi yang dilakukan telah berhasil tanpa hambatan berarti.

Satu suara dengan Hill, tim dari dokter hewan juga mengaku tak pernah melihat kasus seperti ini. “Dokter hewan mengeluarkan sebuah boneka mainan sapi berbulu utuh. Kami telah melihat beberapa kasus yang tidak biasa tetapi tidak ada yang seperti ini,” ungkap sang perawat tersebut lebih lanjut.

Tindakan Penyelamatan Ular

Atas tindakan yang dilakukan oleh pihak keluarga diakui Diblasio, merupakan keputusan yang tepat. “Ular ini mungkin akan mengalami kematian yang lambat dan mengerikan dari mainan yang terjebak sehingga mereka melakukan hal yang benar,” ujarnya.

Meski berhasil menyelamatkan nyawa si ular, namun Diblasio tetap menyesal karena timnya gagal menyelamatkan boneka sapi yang bersarang di dalam perut ular. “Ia pulih dengan baik, tapi sayangnya mainan itu tidak bertahan dengan baik dan ia pergi ke surga sapi mainan,” keluh Diblasio.

Lantaran kejadian yang tidak biasa ini, ular tersebut diberi nama ‘Moo’. Dan menurut rencana, usai keluar dari dokter hewan pada Jumat (13/7) kemarin, ia akan menghabiskan waktu untuk memulihkan dirinya bersama pawang ular.

Selanjutnya, para pawang ular akan melepasliarkan ular tersebut ke habitat aslinya. Namun hingga waktu itu tiba, Moo masih harus melalui beberapa pekan di rehabilitasi. “Ia berada dalam kondisi yang sangat baik,” ungkap Diblasio.

“Ia akan bersama kami selama sekitar enam minggu dan kami akan memastikan ia bisa mencerna beberapa makanan, lalu kami akan mengembalikannya ke tempat asalnya. Semoga ia tak mau makan ‘sapi’ lagi,” pungkasnya.