7 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Mencegah Kanker, Ada Kesukaanmu?


SURATKABAR.ID – Semua orang tentu ingin menjaga agar kondisinya senantiasa sehat lahir batin. Sebut saja dengan berolahraga, istirahat cukup, berusaha bebas stress serta senantiasa menutrisi tubuh dengan asupan gizi yang ideal. Karena ada pepatah mengatakan, sehat itu mahal. Terutama jika menyangkut penyakit-penyakit parah, membayangkannya saja sudah menyeramkan. Salah satu yang paling menjadi momok masyarakat adalah kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakutkan semua orang. Banyak yang langsung panik dan sampai hilang harapan saat mendengar dirinya, kerabat, atau orang lain tersayang divonis terkena penyakit ini.

Sampai saat ini pun belum ditemukan obat untuk menyembuhkan sel ganas ini. Jenisnya pun beragam. Jika sudah divonis dokter terserang penyakit kanker, satu-satunya yang harus dilakukan adalah penyembuhan dengan cara operasi, radiaoterapi atau kemoterapi. Demikian informasi yang dilansir dari IDNTimes.com, Minggu (15/07/2018).

Penyakit kanker juga bisa terjadi karena faktor genetik alias diturunkan. Jika ada dalam riwayat keluarga salah satu anggota yang terserang kanker, maka besar kemungkinan anggota keluarga yang lain juga akan memiliki penyakit ini.

Sebelum terserang, ada baiknya kamu segera mengatur pola makanmu sehari-hari. Di bawah ini ada 7 makanan yang mampu mencegahmu terserang kanker. Simak ulasannya berikut, siapa tahu salah satunya adalah kesukaanmu.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Hilangkan Panu di Wajah dan Badan dengan Cepat dan Alami

1. Cabai

Kamu  suka pedas? Kabar baiknya, mengonsumsi cabai bisa mencegah kanker. Cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat mentralisir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tapi jangan banyak-banyak makan cabai ya, agar tidak sakit perut.

2. Brokoli, kol, dan kembang kol

Suka makan sayur? Memang tak perlu menjadi vegan, namun demi mencegah kanker aktif dalam tubuhmu, kamu perlu makan sayur. Terutama sayuran yang memiliki kandungan fitonutrien, seperti brokoli, kol, dan kembang kol. Ketiga sayur ini efektif untuk mencegah segala jenis kanker.

3. Bawang putih

Sudah bukan rahasia lagi jika bawang putih sangat banyak khasiatnya. Kandungan pada bawang putih akan menghambat pertumbuhan kanker. Bawang putih kaya antioksidan yang bersifat antikanker. Kamu juga bisa makan bawang putih setiap hari dengan cara langsung dimakan atau dicampur dengan bumbu masakan. Cara ini juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Bagaimanapun, bawang putih nutrisinya paling baik jika dikonsumsi dalam keadaan masih mentah.

4. Kedelai

Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, sari kedelai, dan juga edamame (kedelai hijau). Selain protein, kedelai punya beberapa tipe phytoestrogen yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kedelai bisa menghambat kanker p******a dan kanker prostat. Jadi, biasakan menyukai susu kedelai mulai dari sekarang.

5. Ubi jalar

Ubi jalar banyak ditemukan di daerah dataran tinggi. Panganan ini banyak mengandung karbohidrat. Ubi juga mengandung antioksidan yang berperan mencegah sel kanker. Ubi jalar ini termasuk salah satu dari sekian daftar makanan yang ampuh mencegah kanker. Dan karena kandungan karbohidratnya, ubi jalar juga kerap dijadikan sebagai makanan utama pengganti nasi.

6. Alpukat

Selain sayuran, mengonsumsi buah juga berperan penting dalam pola hidup sehat. Buah alpukat salah satunya. Alpukat mengandung antioksidan sehingga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Konsumsi secara rutin yuk!

7. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali ragam manfaatnya dari si buah merah ini. Tomat dikenal sangat efektif mencegah kanker, terutama kanker prostat—lantaran kandungan antioksidan serta kadar vitamin C-nya yang juga tinggi. Usahakan konsumsi setiap hari, ya.

Mulai sekarang atur pola makanmu serta ingatkan juga pada orang-orang terdekat dan terkasihmu untuk melakukan gaya hidup sehat. Rutinlah mengonsumsi buah dan sayuran. Demi hidup sehat dan lebih berkualitas, kita harus rajin makan sayur dan buah. Men sana in corpore sano. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sehat selalu ya, guys!