Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di Asia, Ini Sosok Pengusaha yang Berhasil Menggesernya

SURATKABAR.IDPengusaha India, Mukesh Ambani mengambil alih kedudukan Pendiri Alibaba Group Jack Ma sebagai orang terkaya di Asia.

Ambani menjadi orang terkaya di Asia setelah perusahaannya, Reliance Industries Ltd menguasai dunia e-commerce di India.

Kekayaan Ambani diperkirakan senilai 44,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar dengan Rp 64 triliun seperti dilansir Bloomberg Billionaires Index oleh Republika, pada Jumat (13/7/2018). Sementara itu, kekayaan pengusaha asal Cina, Jack Ma mencapai 44 miliar dolar AS atau Rp 63 triliun.

Ambani telah menambahkan 4 miliar dolar AS dalam kekayaannya tahun ini. Perusahaannya pun berhasil menggandakan kapasitas petrokimianya. Hal itu membuat para investor bersorak senang atas kesuksesan Ambani.

Pada awal bulan ini, perusahaan milik Ambani mengumumkan rencana untuk memperluas jangkauan pelanggannya dan bekerja sama dengan Amazon serta Walmart Inc.

Baca juga: Jack Ma, Pria Terkaya di China Akui Lebih Bahagia Saat Masih “Miskin.” Ternyata Ini Penyebabnya

Sementara itu, pendapatan Alibaba Group berkurang sebesar 1,4 juta miliar dolar AS pada 2018.

“Kami perlu memperluas cakrawala harapan kami dengan Reliance,” kata analis dari India, Nitin Tiwari, dikutip Bloomberg dari Republika, Jumat (13/7/2018).

Ambani memang dikenal sebagai pengusaha yang biasa melaksanakan proyek besar. Ia juga memiliki jaringan data seluler yang paling luas di dunia. Perusahaannya pun disebut terbesar dan paling menguntungkan di India.

Pada pertemuan tahunan pemegang saham bulan ini, Ambani mengatakan perusahannya melihat peluang pertumbuhan terbesarnya dalam menciptakan platform perdagangan daring baru.

“Ukuran Reliance akan bertambah lebih dari dua kali lipat pada 2025,” kata Ambani pada pertemuan tersebut.

Tahun 2017 Jack Ma juga sempat tersingkir sebagai orang terkaya di Asia. Namun pria ini tak peduli dan akhirnya bisa membangun perusahaan besar dan mendunia.

Jack Ma mengatakan, untuk bisa sukses, orang harus menciptakan peluang, menjemput dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Jika Anda ingin menjalankan bisnis, jangan tunggu. (Peluang) harus buat sendiri,” kata Jack Ma di acara She Era Alibaba Group Global on Women and Entrepreneurship di Hangzhou International Expo, Hangzhou, Zhejiang, China, dikutip Liputan6, (21/8/2017).