Bebas Bersyarat, Kakak Ahok: Boleh Keluar 4 jam untuk Kerja


SURATKABAR.ID Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan membenarkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dapat bebas bersyarat pada Agustus 2018. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum mengajukan bebas bersyarat lantaran alasan pribadi.

Banyak spekulasi tentang kapan Ahok akan menghirup udara bebas. Ada yang memprediksi Januari 2019, Ahok bebas murni.

Menanggapi hal ini, adik sekaligus pengacara Ahok, Fifi Lety Indra mengatakan, enggan berspekulasi tentang kapan terpidana kasus penistaan agama itu bebas dan berkumpul bersama keluarga.

Berita Ahok akan mendapatkan bebas bersyarat pada Agustus mendatang.

“Waktu itu ngomong-ngomong sama lawyer, hitungannya (bebas bersyarat) Agustus, emang hitungannya Agustus,” terang kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, Rabu (11/7/2018), dilansir Liputan6.com.

Baca Juga: Mendapat Kesempatan Bebas Bersyarat, Ahok Malah Ingin Bebas Murni. Ini Alasannya

Setelah bebas bersyarat nanti, ucap Nana, Ahok bisa menghirup udara selama 4 jam.

“Boleh keluar 4 jam untuk kerja-kerja,” sambungnya.

Meski demikian, Nana tak bisa memastikan tanggal berapa Ahok mendapat bebas bersyarat.

Ahok mendekam ke Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat karena kasus penistaan agama, yang bergulir menjelang Pilkada DKI 2017.

Pada Selasa (9/5/2017), hakim memvonis Ahok hukuman 2 tahun penjara. Kini Ahok telah menjalani masa hukuman 1 tahun 2 bulan. Ahok juga mendapat remisi sehingga mendapatkan bebas bersyarat Agustus 2018.

Namun diberitakan, Tidak seperti tokoh-tokoh pejabat negara yang terkena jerat hukum dan menyambut gembira, Ahok malah memutuskan untuk tetap tinggal di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Nana mengungkapkan, adiknya dengan tegas mengatakan, tidak akan mengambil kesempatan itu untuk bertemu keluarganya.

Ahok, ucap Nana, akan tetap beraktivitas seperti biasa di dalam Rutan Mako Brimob. Karena dia kini tengah disibukkan dengan menulis buku.

Nana mengaku, dirinya juga melarang keras Ahok untuk keluar tahanan. Karena banyak orang-orang yang tidak suka dan berusaha mencari jalan agar Ahok kembali mendekam di penjara.