Jangan Gunakan Cotton Bud! Begini Cara Mudah Mengeluarkan Kotoran Telinga

SURATKABAR.IDUntuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk, biasanya menggunakan cotton bud. Meski terasa nyaman, ternyata mengorek telinga tidak dianjurkan.

Faktanya, kotoran ini sebenarnya merupakan sistem pertahanan telinga menangkap kotoran dan bakteri yang masuk.

Cairan berwarna kuning ini diproduksi oleh kelenjar kecil di telinga yang kadang berbau dan menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu dibersihkan.

Tapi, sebaiknya hindari membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Sebab, cotton bud seringkali mendorong kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

Daripada sibuk mengorek dengan cotton bud, akan lebih baik jika Anda meneteskan cairan tertentu untuk membersihkan telinga.

Mau tahu, apa saja cairan yang ampuh membersihkan kotoran di telinga?

Baca juga: 11 Cara Sederhana Bersihkan Karang Gigi, Nomer 8 Banyak yang Tak Menyangka

Air garam

Campuran air dan garam juga cukup ampuh menghilangkan kotoran di telinga. Caranya, larutkan garam dengan air hangat. Teteskan larutan tersebut ke telinga sambil memiringkan kepala. Kembalikan kepala ke posisi tegak setelah cairan itu masuk ke telinga dan sumbat dengan kapas. Selanjutnya usap telinga dengan kapas tersebut dan ulangi sampai bersih.

Minyak zaitun dan kelapa

Minyak zaitun dan kelapa merupakan bahan alami yang paling aman dan ampuh mengeluarkan kotoran di telinga. Caranya, tuangkan minyak tersebut ke sendok kemudian panaskan dengan api lilin.

Setelah suhu minyak naik dan cukup hangat, celupkan kapas bersih. Peras kelebihan minyak yang meresap di kapas kemudian tempelkan ke telinga selama 15 menit. Selanjutnya usap telinga dengan kapas tersebut sampai bersih. Anda bisa mengulangi cara ini jika kotoran belum terangkat sempurna.

Cuka

Campuran cuka dengan alkohol juga bisa dipakai membersihkan telinga. Campurkan kedua bahan itu dan semprotkan ke dalam telinga. Ambil kapas bersih dan usap dengan lembut daun telinga Anda. Lakukan cara ini sampai kotoran terangkat sempurna.

Baby oil

Bagi yang tidak mau repot, Anda bisa memilih baby oil sebagai alternatif untuk membersihkan telinga. Baby oil memiliki tekstur lembut dan ringan yang cocok untuk segala jenis kulit. Cukup teteskan baby oil ke telinga untuk mengeluarkan kotoran yang menempel. Kemudian usap telinga dengan kapas bersih untuk mengangkat sisa kotoran.