Ilmuwan Temukan Warna Tertua di Dunia, Umurnya 1,1 Miliar Tahun!

SURATKABAR.ID – Kabar terbaru dari hasil riset para ilmuwan. Telah mereka temukan yang apa disebut sebagai  “warna biologis tertua di dunia”. Warna itu berasal dari bebatuan kuno di bawah Gurun Sahara. Pigmen berumur 1,1 miliar tahun itu memiliki warna merah muda yang cerah, namun bentuk konsentrasi mereka berkisar dari warna merah darah hingga ungu.

Menurut para ilmuwan Australia, pigmen itu berasal dari molekul fosil klorofil yang dihasilkan oleh organisme laut. Melansir reportase SindoNews.com, Selasa (10/07/2018), para peneliti menggiling batu serpih menjadi serbuk untuk mengekstrak pigmen tersebut.

“Bayangkan Anda bisa menemukan fosil kulit dinosaurus yang masih memiliki warna asli, hijau atau biru … itulah jenis penemuan yang kami buat,” ujar Prof Jochen Brocks dari Australian National University (ANU) sebagaimana dilaporkan dalam liputan BBC, Selasa (10/07/2018).

“Ini adalah molekul yang sebenarnya, molekul berwarna tertua di dunia. Ketika dipegang dihadapkan pada sinar matahari, mereka sebenarnya adalah neon pink,” bebernya.

Dr Nur Gueneli yang merupakan mahasiswa PhD ANU menemukan pigmen terkait usai menjalankan pelarut organik melalui bubuk batu. Brocks menyebutkan proses ekstraksinya mirip dengan mesin kopi.