Nikahi Gadis di Bawah Umur Padahal Sudah Punya 2 Istri, Pria 41 Tahun Jadi Sasaran Amuk Warga


    SURATKABAR.ID – Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan curhatan seorang wanita di akun Facebook yang menceritakan bahwa sang suami telah menikah untuk kali ketiga dengan gadis belia yang bahkan belum genap berusia 17 tahun. Status tersebut pun langsung viral.

    Adalah Che Abdul Karim Che Abdul Hamid, seorang pria berusia 41 tahun yang berprofesi sebagai penyadap karet asal Malaysia ini menjadi sasaran kemarahan publik lantaran menikahi seorang bocah perempuan 11 tahun.

    Namun, meskipun demikian, ia tetap teguh pada keputusan menikahi gadis belia tersebut. Che Karim bahkan tanpa keraguan mengancam akan mengambil tindakan hukum kepada mereka yang tak terima atas tindakan tersebut.

    Dilansir Kompas.com dari Free Malaysia Today, Minggu (1/7/2018), Che Karim menikahi Masaryu Mat Rashid (11) pada bulan Juni. Mengingat sang istri yang belum mencapai usia dewasa, ia baru akan melegalkan pernikahan mereka ketika umur Masaryu menginjak 16 tahun, sesuai hukum di Malaysia.

    “Saya sedih dengan asumsi dan tuduhan liar yang dilemparkan kepada saya di media sosial karena menikahi istri ketiga,” kata Che Karim ketika ditemui di kediamannya di Gua Musang, seperti dikutip dari Kompas.com.

    Baca Juga: Biadab! Gadis 6 Tahun ‘Dikerjai’ dan Dihabisi, Detik-Detik Terakhirnya Bareng Pelaku Tertangkap CCTV

    “Saya akan mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum guna menghentikan pencemaran nama baik saya melalui klaim yang tidak akurat,” tambah pria yang mengaku kedua istrinya telah menyetujui pernikahan mereka dan menerima Masaryu sebagai ‘madu’.

    Curhatan Istri Kedua Viral

    Sebelumnya, dilansir dari Grid.ID, Minggu (1/7/2018), curhatan seorang wanita yang merupakan istri kedua Che Karim merebut perhatian pengguna media sosial. Tak hanya memberikan ucapan selamat atas pernikahan sang suami dengan Masaryu, ia juga menuliskan sindiran pedas kepada Che Karim.

    Usut punya usut, pria berusia 41 tahun ini rupanya sudah memiliki dua orang istri dan enam anak. Dua orang anak dari istri pertama, dan empat anak dari istri keduanya. Yang lebih mengejutkan lagi adalah, gadis yang dinikahi pria tersebut merupakan teman anaknya!

    Menurut kabar, pria setengah baya tersebut telah menggelar prosesi pernikahan di selatan Thailand pada 18 Juni lalu. Tak terima dengan keputusan sang suami, istri kedua berdiskusi dengan istri pertama terkait pernikahan suami mereka dan memutuskan melaporkan pernikahan tersebut ke ranah hukum.

    Pengakuan Masaryu dan Keluarga

    Terkait hal tersebut, ayah Masaryu, yang usianya terpaut 8 tahun di atas suami putrinya, mengaku bahwa ia dan Che Karim sudah lama saling kenal. Pria tersebut sering menjual karet kepadanya.

    “Dia telah berjanji akan mendaftarkan pernikahan ke Departemen Urusan Islam di Kelantan, ketika Masaryu berusia 16 tahun,” tutur Mat Rashid Rimadsa, ayah dari Masaryu.

    Dan Masaryu sendiri tidak mempermasalahkan statusnya sebagai istri ketiga dari sang suami. Ia mengatakan bahwa orangtuanya sudah memberikan restu atas pernikahan mereka.

    “Saya menerima keputusan apa pun yang dibuat oleh orangtua dan suami saya, termasuk menunggu lima tahun sebelum kami dapat hidup bersama. Saya menyadari bahwa saya baru berusia 11 tahun,” tuturnya.

    Che Karim dan Masaryu kini menjalin ‘nikah gantung’, kondisi di mana pernikahan mereka dilangsungkan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti misalnya menjamin ikatan perjodohan.

    Departemen Urusan Islam Kelantan sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya belum menerima keluhan terkait pernikahan yang melibatkan anak perempuan di bawah umur. Namun mereka berjanji akan mengusut tuntas jika ada pelanggaran hukum negara.