TvOne Laporkan Akun yang Sebarkan Hoax Argentina Menang Lawan Perancis


SURATKABAR.ID – Lantaran merasa dicemarkan citranya akibat kabar bohong alias hoax tentang tim nasional Argentina menang dalam laga melawan Perancis, Stasiun televisi tvOne merasa tak terima. Informasi menyesatkan yang disebarkan melalui foto tayangan tvOne dalam akun Instagram @bola_gila itu jelas merupakan hasil rekayasa belaka.

Menurut Raldy Doy selaku Public Relation Manager tvOne, ditegaskan bahwa foto yang menampilkan layar tayangan tvOne dalam program Apa Kabar Arena dengan latar belakang logo World Cup Rusia 2018 pada pukul 23.09 itu jelas merupakan hasil rekayasa atau editan. Demikian seperti dikutip dari laporan Viva.co.id, Minggu (01/07/2018).

“Pada 30 Juni 2018 pukul 23:09, tvOne tidak menayangkan program Kabar Arena Pagi melainkan program One Pride Pro Never Quit,” ungkap Raldy kepada tim pers pada Minggu siang tadi.

Bukti lain bahwa foto itu merupakan rekayasa adalah bahwa program Kabar Arena tidak tayang pada hari Minggu, dini hari atau malam. Itulah sebabnya angka pada foto yang memperlihatkan pukul “23:09” itu jelas keliru.

Lagi pula, wanita sang presenter yang membawakan acara dalam foto itu, Sandra Olga, juga tidak sedang bertugas di tvOne.

Baca juga: Unik, 9 Nama Pemain Sepakbola Ini Terdengar Lucu di Telinga Orang Indonesia

“Presenter Sandra Olga di waktu yang sama sedang bertugas LIVE di media lain (Trans TV),” tambah Raldy.

Rekayasa foto tersebut, Raldy mengingatkan, tentu saja sebuah tindakan kejahatan, apalagi kemudian disebarkan kepada publik melalui media sosial.

“Itu jelas merupakan kejahatan; cyber crime,” tegasnya kemudian.

Tim tvOne sudah mempersiapkan pelaporan kepada polisi atas penyebaran hoax oleh akun @bola_gila itu.

“Kita laporkan segera, kalau enggak hari ini atau besok,” tambahnya.

5 Fakta Menarik Perancis Vs Argentina, 2 Gol Bersejarah Mbappe

Sementara itu, melansir laporan BolaRusia.Kompas.com, Perancis berhasil menang 4-3 atas Argentina pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Sabtu (30/06/2018).

Gol Perancis dicetak Antoine Griezmann melalui eksekusi penalti pada menit ke-13, Benjamin Pavard (57′), dan Kylian Mbappe (64′, 68′). Sementara itu gol Argentina dicetak Angel Di Maria (41′), Gabriel Mercado (48′) dan Sergio Aguero (90+3′).

Pada laga ini, penyerang Perancis, Kylian Mbappe menjadi pemain muda pertama yang berhasil mencetak dua gol pada Piala Dunia setelah Pele pada tahun 1958 melawan Swedia. Sedangkan kapten Argentina, Lionel Messi, menjadi satu-satunya pemain Argentina yang berhasil memberikan assist pada empat pertandingan terakhir.

Berikut 5 fakta menarik Perancis melawan Argentina:

  1. Perancis mencapai babak perempat final berturut-turut untuk pertama kalinya pada Piala Dunia (2014 dan 2018).
  2. Kylian Mbappe menjadi pemain muda pertama yang berhasil mencetak dua gol pada Piala Dunia setelah Pele (1958) ketika melawan Swedia.
  3. Lionel Messi menjadi satu-satunya pemain Argentina yang memberikan assist pada empat laga Piala Dunia. Selain itu, dia adalah pemain Argentina pertama yang memberikan dua assist pada Piala Dunia setelah Diego Maradona pada tahun 1986.
  4. Javier Mascherano mendapat 7 kartu terbanyak pada Piala Dunia, melebihi Zinedine Zidane, Rafael Marquez, dan Cafu yang masing-masing mendapat 6 kartu pada Piala Dunia.
  5. Gol Angel Di Maria menjadi gol dengan jarak terjauh yakni pada 30,2 yard atau sekitar 28 meter pada Piala Dunia 2018.

Keseruan Prancis Kalahkan Argentina 4-3

Malam tadi, Perancis berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Argentina 4-3. Kylian Mbappe menjadi bintang Prancis usai mengemas sepasang gol.

Pada laga babak 16 besar di Kazan Arena, Sabtu (30/06/2018), kedua tim berimbang 1-1 hingga turun minum. Prancis membuka keunggulan berkat gol penalti Antoine Griezmann, yang dibalas dengan tendangan ciamik Angel Di Maria di menit-menit akhir.

Setelah turun minum, Argentina mampu meneruskan momentum untuk berbalik unggul 2-1 melalui Gabriel Mercado. Namun, pada akhirnya Prancis yang berhasil merebut kemenangan yang dipastikan dua gol Mbappe, demikian seperti dikutip dari reportase Detik.com.

Pemain pengganti, Sergio Aguero menipiskan kedudukan di injury time. Namun, tak cukup untuk menghindarkan Argentina dari kekalahan.

Dengan kelolosan ini, Perancis tinggal menunggu lawan. Les Bleus akan berhadapan dengan pemenang antara Uruguay melawan Portugal di laga perempatfinal pada 6 Juli mendatang.

Jalannya Pertandingan

Meski diketahui bahwa Argentinalah yang memulai serangan, namun justru Perancis yang menciptakan peluang nyata pertama. Hal ini terjadi di menit kesembilan, dari set-piece. Sepakan keras Antoine Griezmann meluncur melengkung mengenai mistar gawang Argentina.

Serangan balik Perancis memaksa Marcos Rojo menjatuhkan Kylian Mbappe di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih. Griezmann maju sebagai eksekutor dan sukses menjaringkan bola ke tengah gawang untuk membawa Prancis unggul 1-0 di menit ke-13.

Di menit ke-20, serangan balik cepat Perancis membuat Argentina kocar-kacir. Mbappe terbebas di depan setelah menerima umpan panjang dari belakang, memaksa Nicolas Tagliafico menjatuhkannya posisi yang berbahaya.

Tembakan bebas untuk Prancis, namun bola sepakan keras Pogba melayang di atas mistar gawang Franco Armani. Argentina masih kesulitan membuat peluang bersih. Klaim penalti diajukan Gabriel Mercado karena menganggap Benjamin Pavard melakukan hand ball, tapi wasit tetap melanjutkan permainan.

Argentina akhirnya bisa mencetak gol penyama di menit ke-42. Menerima operan pendek Ever Banega, Angel Di Maria tidak terjaga di luar kotak penalti, lalu melepaskan tendangan keras kaki kiri tanpa bisa dihentikan Hugo Lloris. Skor kini 1-1.

Argentina mengawali babak kedua dengan apik. Sontekan Mercado, yang tidak terkawal membawa Argentina membalikkan keadaan 2-1 di menit ke-48.

Gol ini tercipta diawali dari crossing Banega yang diteruskan Messi dengan sepakan kaki kanan. Bola mengenai kaki Mercado yang berbelok untuk menembus gawang Prancis.

Di menit ke-56, kesalahan lini belakang Argentina nyaris berakibat fatal. Federico Fazio-Armani tampak miskomukasi sehingga bola nyaris diceploskan Griezmann.

Hanya semenit kemudian, gol yang ditunggu-tunggu Argentina tercipta juga. Lucas Hernandez mengirim umpan tarik yang membelah pertahanan Argentina, Benjamin Pavard menyambut dengan tembakan first-time yang bersarang di sudut atas gawang Armani. Skor kini 2-2.

Prancis kembali di depan setelah Mbappe mencetak gol ketiga untuk mengubah skor menjadi 3-2 di menit ke-64. Aksi individu Mbappe menusuk sisi kiri kotak penalti, yang diakhiri dengan tembakan mendatar.

Prancis hanya butuh kurang dari lima menit untuk memperbesar keunggulan atas Argentina 4-2. Mbappe sukses mengukir namanya lagi di papan skor.

Dari serangan balik Prancis yang melibatkan kerjasama tim, Mbappe meneruskan umpan Giroud dengan tembakan dari sisi kanan kotak penalti ke sudut jauh gawang Argentina.

Giroud nyaris menamatkan Argentina. Di menit ke-70, Giroud meneruskan umpan Pogba dengan tembakan dari dalam kotak penalti. Sayang, bola hanya bersarag di sisi luar jala gawang Armani.

Argentina hampir menciptakan gol untuk memperkecil ketinggalan. Di 10 menit terakhir, Messi terbebas di kotak penalti, namun sepakannya masih bisa diantisipasi Lloris.

Empat menit waktu injury time, Argentina kehabisan waktu. Namun, Argentina akhirnya bisa mencetak gol tambahan untuk menipiskan jarak menjadi 3-4. Pemain pengganti Sergio Aguero menanduk bola hasil umpan silang Messi, yang menjebol gawang Perancis.

Keributan terjadi di antara pemain kedua kubu, yang diawali dengan tindakan tidak sportif Otamendi usai. Serangan terakhir untuk Argentina saat kerjasama Aguero dengan Meza. Bola berakhir melambung setelah mengenai Fazio.

Pertandingan tuntas, Perancis berhak atas kemenangan 4-3 dari Argentina.

Susunan Pemain

PERANCIS: Lloris, Pavard, Umtiti, Varane, Lucas Hernandez, Kante, Matuidi (Tolisso 75′), Pogba, Griezmann (Fekir 83′), Mbappe (Thauvin 88′), Giroud.

ARGENTINA: Armani, Mercado, Otamendi, Marcos Rojo (Fazio 46′), Tagliafico, Banega, Mascherano, Enzo Perez (Aguero 66′), Pavon (Meza 75′), Messi, Angel Di Maria.