Jawab Isu Soal TKA Asal Cina, Luhut: Investor Kewalahan Mendapat Tenaga Ahli


SURATKABAR.ID Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberikan penjelasan mengenai isu banyaknya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina di Morowali.

Luhut mengatakan jika banyaknya TKA asal Cina di daerah terbut lantaran investor kesulitan untuk mendapatkan tenaga lokal yang sesuai dengan standar mereka. Salah satu sebabnya adalah kurangnya mutu pendidikan di daerah itu.

“Kami sadar, di luar Jawa di daerah terpencil (investor) kewalahan mendapat tenaga ahli. Kenapa? Karena berbelas tahun tidak membuka politeknik. Contoh Morowali, payroll atau gaji yang diberikan adalah 23 ribu sekian orang ada 2.400 pegawai Tiongkok dan naik jadi 2.700. Karena ada pabrik baru,” ujarnya di Jakarta, Jumat (11/5/2018), dikutip dari jawapos.com.

Baca Juga: Via Vallen Akhirnya Mengaku jika Dulu Melakukannya Tanpa Sepengetahuan Orang Tuanya

Luhut tidak bisa berjanji akan menurunkan jumlah TKA hingga mampu memperoleh tenaga ahli lokal yang sesuai. Oleh karennya, Luhut mengatakan bahwa pembangunan politeknik diharapkan mampu menjadi solusi dari minimnya tenaga ahli di wilayah setempat.

“Kapan mau diturunkan? Tergantung ketersediaan tenaga ahli. Makanya ini dibangun politeknik dan sekarang sudah jalan. Karena yang masuk situ Menteri Dikti (M. Nasir) di demo karena bukan orang lokal yang diterima. Ternyata mereka disana (Morowali) banyak yang kurang bagus seperti di bidang matematika, fisika, komputer dan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Geger! Media Internasional Tuding Jokowi Butuh Uang dari China untuk Menangkan Suara di Pilpres

Meski demikian, Luhut menampik tuduhan jika adanya investasi dia suatu daerah tidak bisa dinikmati oleh warga setempat. Biar bagaimanapun, menurut Luhut, pembangunan di sebuah wilayah secara tidak langsung bakal mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

“Kalau dibilang tidak dinikmati rakyat setempat, itu keliru juga. Jadi orang dulu banyak investasi di Jawa sekarang di luar Jawa,” pungkasnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaAtasi Sakit Gigi dalam 1 Menit dengan 5 Bahan Ajaib Ini!
Berita berikutnyaUlama NU Dinilai Akan Dukung Jokowi Meski Tak Gandeng Cak Imin