Videonya Viral, Ini 7 Fakta Kejadian Bocah yang Guyur Oli ke Sekujur Tubuhnya


SURATKABAR.ID – Tengah menjadi viral di media sosial, beredar video seorang bocah yang mengguyur oli ke sekujur tubuhnya. Menurut kabar yang tersebar, bocah itu ketahuan mencuri dalam sebuah bengkel motor yang berada di daerah Sleman, Yogyakarta. Alhasil video berdurasi 1 menit 17 detik itu menjadi sorotan publik di Facebook. Satu di antara akun yang membagikan video itu ialah Yuni Rusmini.

Beberapa komentar netizen pun berdatangan. Ada satu komentar yang menyertakan sebuah tangkap layar (screenshot) berisi kronologi kejadian. Dalam hasil screenshot tersebut tertera nama Febri Bayu Mukti yang diduga sebagai sosok yang menyuruh si bocah mengguyur oli ke sekujur tubuhnya.

Berdasarkan hasil screenshot tersebut, begini kronologi kejadiannya sebagaimana dikutip dari laporan Grid.ID, Selasa (01/05/2018).

  1. Kronologi Insiden Pengguyuran Oli

Saya ceritakan kronologinya. Awalnya, bocah itu datang dengan motor rusak di (bagian) rantai dan gak bisa dibenahi. Dia pergi, datang lagi bawa gir rantai tapi tidak cocok ukurannya. Jadi, gak bisa dipasang. Terus si anak meminjam kunci untuk membenahi (rantainya) sendiri, tapi gak bisa dan minta bantuanku. Pas proses itu, saya sambil mengerjakan motor lain.

Ketika itu, aku melihat si anak memasukkan sesuatu di celananya. Saat pulang, aku geledah, ada pedal persneling. Kupastikan nyolong (mencuri), aku suruh panggil walinya tapi gak mau. Mau aku bawa ke pak dukuh juga gak mau, alasannya takut dipukuli. Karena anak itu ngeyel, aku beri pilihan buat pembelajaran, datangkan wali, dibawa ke pak dukuh, atau guyur oli sendiri. Setelah itu, (dia) pilih guyur oli sendiri.

Dilansir dari Kompas.com, kejadian ini dibenarkan oleh Sehadi Utomo (50) selaku Kepala Dukuh Sangurejo, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Sehadi menceritakan, kejadian ini terjadi di bengkel milik Arief Alfian (37) pada Senin (23/04/2018) lalu.

Berikut Suratkabar.id rangkum fakta di balik insiden bocah yang guyur oli bekas ke tubuhnya yang kini jadi viral tersebut.

Baca juga: 7 Fakta Pernikahan Viral Briptu Nova, Polwan yang Tak Hadiri Akadnya Sendiri karena Tugas

  1. Pilih guyur oli ke tubuh

Setelah kedapat mengambil barang, L si bocah tersebut dinasihati.

“Lalu ditanya ambil apa? Dinasehati, sudah ditolong kok masih mengambil tanpa izin. Itu kan tidak baik,” tutur Sehadi.

  1. Motif Arief

Arief selaku pemilik bengkel yang menyuruh L mengguyurkan oli ke tubuhnya memiliki alasan tersendiri. Awalnya dia mengaku hanya ingin memberi pelajaran kepada si bocah agar tak mengulangi perbuatannya lagi.

“Niat saya hanya agar anak ini kapok, masa depannya kan masih panjang. Tidak ada niatan apa-apa selain agar jera, saya juga tidak tahu kalau anak yatim piatu,” ungkap Arief dikutip dari Kompas.com, Senin (30/04/2018).

  1. Ternyata Yatim Piatu

Sehadi menjelaskan bahwa wali dari L kemudian datang ke tempat Arief. Walinya datang untuk meminta maaf atas perbuatan L. Dari situ terungkap pula bahwa L ternyata sudah tidak punya ayah ibu alias anak yatim piatu.

  1. Pemilik bengkel minta maaf

Atas insiden pengguyuran oli bekas ini, Arief meminta maaf. Dia menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak benar meski niatnya mendidik. Arief menyesal telah melakukan hal tersebut kepada L.

“Saya minta maaf sudah melakukan hal yang mungkin tidak benar untuk anak. Sekali lagi kepada L, dari hati saya saya minta maaf sebesar-besarnya,” imbuh Arief dikutip dari TribunJogja.com.

  1. Arief akan bantu biaya sekolah L

Mengutip laporan TribunStyle.com, Arief mengutarakan niat untuk membantu biaya sekolah anak tersebut. Kini Arief masih berkoordinasi dengan pihak wali anak untuk mewujudkan niat tulusnya tersebut.

  1. Dipanggil polisi

L, bocah yang viral karena mengguyur oli bekas ke tubuhnya mendatangi Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (Unit PPA) Polres Sleman. Kedatangan L ini untuk memenuhi panggailan dari Polres Sleman. Saat mendatangi Polres Sleman, L didampingi oleh kerabat dan dua orang dari perwakilan Kepemudaan Bayeman.

“Pemanggilan ini mungkin karena dampak video yang viral. Jadi kami hanya mendampingi saja dan memenuhi penggilan dari Polres Sleman. Untuk kelanjutannya bagaimana kami hanya menunggu,” tutur Risduyanto dari perwakilan Kepemudaan Bayeman, Selasa (01/05/2018).

Berikut adalah video saat si bocah guyur oli di sekujur tubuhnya:

Bismillahhirohmanirrohim…..Buat sahabatku dimanapun berada . Terutama yang berada di daerah sleman jogjakarta Dan sekitarnya. Adakah YG kenal Dan Tau Anak di video ini , atau Mgkn Tau ttg kejadian Ini? Tolong YG dekat merapat Bantu kroscek .Info yg sy dpt sbb ;Anak ini adalah yatim piatu.Dia mencuri ( sy bLM Tau dan blm dapat info mencuri APA Dan benarkah mencuri , adakah tertangkap basah / kepergok terbukti mencuri)????Dia di Kasih hukuman oleh WARGA dengan disuruh menyiram diri dari kepala dgn oli bekas.Sungguh Ini biadap Dan tdk manusiawi. Sangat berbahaya bisa mencederai , bikin cacat permanent bila oli tsb masuk ke mata ,hidung ,telinga Dan mulut. Hukuman boleh tapi tdk hrs berbahaya . Bgmnpun Anak ini adlh Anak yatim piatu yg kewajiban Kita utk peduli Bukan utk menyakiti nya. Ingat dia bisa jadi berkah tapi bisa jadi musibah bg Kita . Bila Kita salah berbuat kepadanya. Dia adlh makhluk Allah yg dimuliakan. Aplgi masih Anak".#Lokasi kejadian: Bengke Mega Motor Lungguhrejo, Sleman.#ya Allah sy berharap dgn postingan ini , berikan keadilan pada Anak yatim piatu ini, sabar , ikhlas le…kelak engkau Akan jadi Anak YG lbh baik hidupnya daripada org yg tlh menyia nyiakanmu…Amin yarroball alamin 🙏#pak polisi mohon dgn sangat utk di usut Dan di tindak lanjut atas kejadian Ini.#viralkan Demi peduli Anak Yatim piatu mendapat keadilan.#kpai #komnas Yuni Rusmini Yuni Rusmini

Posted by Yuni Rusmini on Monday, April 30, 2018