Keren! Ciptakan Kebahagiaan dengan 8 Cara Sederhana, Nomor 3 yang Paling Enteng


SURATKABAR.ID – Kebahagiaan sejati menjadi sesuatu yang paling didambakan oleh manusia. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui bahwa rasa bahagia itu sesungguhnya dapat diciptakan sendiri. Bahkan tak perlu cara berat, karena kebahagiaan bisa didapatkan hanya dari hal sederhana.

Dilansir laman Grid.ID dari Independent, Senin (16/4/2018), ada satu hal yang menjadi penghambat terciptanya kebahagiaan. Dan mirisnya, semua orang masih melakukannya secara sadar atau pun tidak, yakni selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Hentikan kebiasaan buruk tersebut jika ingin menciptakan bahagia nan hakiki. Dan lakukan delapan hal sederhana di bawah ini, untuk meningkatkan kebahagiaan Anda secara instan. Anda akan menyadari betapa kebahagiaan bisa dimulai dari sesuati yang begitu sepele. Apa saja?

Mendengarkan Musik Upbeat

Jenis musik bertempo up dan korelasi positif terbukti dapat menenangkan pikiran. Hal tersebut diungkapkan oleh penelitian dari University of Missouri pada 2013 silam, di mana para peserta yang mendengarkan musik upbeat merasa jauh lebih bahagia yang sekaligus dapat memperbaiki suasana hati.

Jalan

Anda mungkin tidak percaya dengan cara untuk bahagia yang satu ini. Namun berjalan terbukti bisa membantu seseorang untuk merasa lebih baik. Namun pastikan posisikan bahu sedikit ke belakang dengan dagu terangkat, dan langkahkan kaki dengan penuh rasa percaya diri.

Baca Juga: Waduh! Terlalu Mudah Percaya, 5 Zodiak Ini Paling Gampang Kena Tipu. Nomor 3 Langganan Korban Perasaan

Tersenyum

Mungkin hal ini sulit dilakukan ketika suasana hati sedang buruk. Padahal, memaksakan diri tersenyum tetap dapat memberikan efek positif. Seperti diungkapkan ilmuwan psikologi dari University of Kansas yang menyebutkan tersenyum membantu menurunkan detak jantung yang memicu stres dan depresi.

Gunakan Warna yang Tepat

Warna tertentu memiliki berbagai efek untuk menciptakan suasanan hati seseorang. Warna hitam akan menumbuhkan rasa sedih. Merah menciptakan kondisi emosi yang tinggi. Sedangkan hijau dipercaya dapat membantu Anda dalam merasakan ketenangan, kebahagiaan, hingga kenyamanan.

Berpelukan dengan Hewan Peliharaan

Semua orang tahu bahwa berpelukan dengan pasangan dapat meningkatkan hormon kebahagiaan. Namun bagaimana dengan mereka yang lajang? Jangan khawatir, karena memeluk hewan peliharaan juga memiliki dampak serupa dalam menciptakan emosi positif.

Hirup Aroma yang Menarik

Indera penciuman bisa sangat membantu menumbuhkan emosi positif. Pilihlah wewangian yang akan Anda pakai dengan selektif. Karena menurut penelitian dalam jurnal Chemical Sense, beberapa aroma tertentu terbukti mengurangi stres dan membantu orang merasa rileks baik fisik dan mental.

Olahraga

Tak ada yang menyangkal manfaat dari berolahraga. Aktivitas fisik seperti jogging, berlari atau bersepedad dapat membantu tubuh melepaskan endorphin yang berfungsi menumbuhkan perasaan bahagia. Tak perlu lama, cukup lakukan olahraga selama 10 menit setiap hari sudah cukup.

Terima Diri Anda

Langkah terakhir dan termasuk yang paling berat dilakukan untuk menciptakan kebahagiaan diri adalah dengan menerima bagaimana diri Anda. Hindari merendahkan diri Anda dengan selalu membandingkan diri dengan orang lain. Ubahlah cara pandang Anda dan cari sisi positif dalam diri yang bisa dibanggakan.

Itulah delapan cara mudah untuk meningkatkan aura positif dan menciptakan bahagia dari dalam diri Anda. Karena kebahagiaan tidak dicari, melainkan diciptakan. Dan jika bukan Anda, maka orang lain pun tidak akan melakukannya untuk Anda, kan?