Video Nenek Jongkok di Kursi TransJakarta Viral, Saat Ditegur Jawabannya Bikin Geregetan


SURATKABAR.ID – Ada-ada saja tingkah laku penumpang bus TransJakarta. Ketika ditegur karena keselamatannya terancam, bukannya menurut malah balik menyerang petugas. Seperti yang tampak dalam sebuah rekaman video satu ini, seorang wanita paruh baya menolak dibantu petugas.

Nenek dengan potongan rambut sebahu ini, seperti yang dilansir dari laman Detik.com, justru dengan suara lantang mengomeli petugas TransJakarta yang menegurnya lantaran jongkok di kursi bagian belakang di samping jendela.

Wanita berkacamata tersebut protes ketika menyadari bahwa petugas sengaja mengarahkan kamera ponsel ke arahnya. Ia bahkan sempat melempari petugas dengan tisu di tangannya. Petugas tersebut lalu menjelaskan bahayanya duduk dengan posisi seperti itu di dalam bus yang tengah melaju.

Kagak Bu, saya cuma mau nyuruh Ibu duduk aja. Bahaya,” tutur petugas tersebut dengan nada sopan menegur nenek yang mengenakan kemeja bermotif bunga dipadukan dengan celana panjang coklat selutut, seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (12/4/2018).

Namun wanita tersebut malah balik memaki petugas yang kemudian menanyakan tujuan nenek tersebut. “Ibu mau turun ke mana?”

Baca Juga: Viral! Ogah Antri Isi Pertamax, Seorang Ibu 4 Kali Gampar Petugas SPBU. Videonya Bikin Geram

Nggak usah tanya,” sahut sang nenek.

“Saya mau bantu Ibu doang, kok,” balas petugas TransJakarta.

Nggak usah. Aku nggak perlu bantuanmu,” tukas si nenek geram.

Bersikeras menolak bantuan, petugas moda transportasi andalan warga ibukota tersebut menjelaskan kepada penumpang tersebut bahwa bus akan berhenti di Halte Harmoni sebagai tujuan akhir. “Ini tujuan akhir Harmoni. Ibu mau turun di Harmoni atau di Juanda?”

“Tidak usah, tidak usah tanya, kamu,” sahut si nenek.

“Ini tujuan akhir Harmoni, lo,” kata si petugas.

“Ya udah!” seloroh penumpang tersebut masih dengan nada emosi.

Video yang merekam aksi sang nenek itu pun langsung viral usai dibagikan di media sosial, salah satunya di akun Facebook, Meme Politik Indonesia, Kamis (12/4). Tidak dapat dipastikan kapan video tersebut diambil.

Pejabat Humas PT TransJakarta Wibowo, ketika ditemui untuk dimintai konfirmasi, menduga TransJakarta tersebut bertrayek dari Pulogadung dengan tujuan akhir harmoni. Ia membenarkan bahaya jika penumpang jongkok di atas kursi seperti nenek dalam rekaman tersebut.

“Mungkin itu koridor 2, Pulogadung-Harmoni, karena petugas menanyakan ibu itu turun di Juanda atau Harmoni, dan latar belakangnya terlihat Stasiun Gambir,” jelas Wibowo. “Petugas memberitahu dengan sopan kepada pelanggan untuk duduk yang benar. Tidak boleh jongkok karena akan membahayakan pelanggan.”

Pasalnya, ketika bus mengeram atau berhenti, dikhawatirkan penumpang tersebut hilang keseimbangan dan terjatuh. “Kalau kursi itu tentu duduk, kalau jongkok tidak di atas kursi. Kalau bus berhenti nanti jatuh kan, membahayakan keselamatan,” pungkasnya.

https://web.facebook.com/memepolitikindon/videos/1638784766235955/