Gatot Nurmantyo Akan Dideklarasikan Sebagai Capres oleh Relawan

 

SURATKABAR.IDMantan Panlima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 oleh para relawan. Kelompok relawan yang akan mendukung Gatot maju sebagai capres adalah Relawan Selendang Putih Nusantara.

“Insya Allah (akan segera deklarasi),” ujar Ketua Relawan Selendang Putih Nusantara, Rama Yumatha dikutip dari Tempo, Sabtu (10/3/2018).

Mereka mengaku sebagai tim yang beroperasi secara mandiri. Rama menuturkan tim relawan masih belum menetapkan tanggal pasti pendeklarasian tersebut. Mereka juga belum memastikan lokasinya, namun yang jelas masih di Jakarta.

“Setelah (Gatot) pensiun, kami akan bahas deklarasi secepatnya dan kami integrasikan,” kata Rama.

Rama juga berharap deklarasi tersebut nantinya bisa dihadiri oleh partai-partai yang sepakat mencalonkan Gatot. Nama Gatot memang telah banyak disebut dan masuk ke bursa Pilpres 2019. Mengetahui kabar ini, sebanyak 14 partai peserta pemilu memberikan tanggapan mereka.

Baru-baru ini, mantan Kepala Staff Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen menggaungkan nama Gatot. Dia menyebut bahwa Gatot layak maju sebagai capres.

“Perkiraan saya, nggak usah disebutkanlah, Gatot uangnya banyak, melebihi dari uangnya Prabowo,” ujar Kivlan di Hotel Sultan dikutip dari Detik.com, Kamis (8/3/2018).

Sementara itu, lima partai pengusung Joko Widodo (Jokowi), PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura memiliki jawaban berbeda. Mereka menyatakan ketidaktertarikan terhadap Gatot jika disandingkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi.

“Gatot Nurmantyo harus belajar politik dengan cerdas,” kata Ketua Fraksi Hanura DPR Inas Nasrullah Zubir.

“Saya melihat Gatot punya keterpaduan yang bisa saling menambah kekurangan yang ada di kedua pemimpin tersebut,” kata Sekretaris Fraksi NasDem Syarif Alkadrie.

Partai di luar poros Jokowi, seperti PKS, Gerindra, dan Demokrat, juga menyatakan tak berminat mengusung Gatot.

“Kami dari Demokrat, dari sekarang memperjuangkan AHY sebagai kader biologis atau kader idealis Demokrat ini juga akan mampu merepresentasikan keterwakilan PD di Pileg 2019 nanti,” ujar Ketua DPP PD Didik Mukrianto.

Sebelumnya, Gatot sendiri belum mau membicarakan peluangnya berlaga dalam Pilpres 2019. Gatot mengatakan bahwa dirinya masih berstatus tentara aktif sehingga tidak bisa melakukan politik praktis.

“Persiapan saya… Saya masih tentara. Tentara itu enggak boleh politik praktis ya. Kalau membicarakan persiapan begini-begitu besoknya bisa ditegur,” ujar Gatot saat ditanyai mengenai persiapannya menghadapi kontes pemilihan presiden 2019 di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, dikutip dari Tempo, Sabtu (3/3/2018).