Setelah Muslim Cyber Army, Ada 9 Kelompok Lain yang Sedang Dikejar


SURATKABAR.ID – Lima orang terduga penyebar berita provokait yang tergabung dalam grup bernama The Family Muslim Cyber Army (TFMCA) ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim. Penangkapan tersebut dilakukan secara berantai selama dua hari sejak Senin hingga Selasa (26-27/2/2018) lalu.

Dilansir dari laman jpnn.com, selain lima orang yang tergabung dalam TFMCA itu, masih ada sembilan kelompok yang sedang dikejar. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Div Humas Polri Brigjen M. Iqbal.

Sebilan kelompok itu adalah Akademi Tempur MCA, Pojok MCA, The United MCA, The Legend MCA, M. Coming, MCA News Legend, Special Force MCA, Srikandi MCA, dan M. Sniper.”Kami belum bisa detil. Nantinya, semua akan disampaikan Direktur Dittipid Siber Brigjen M. Fadil Imran,” kata Iqbal.

Sementara itu, kelima pelaku dari TFMCA ditangkap di lima kota berbeda. M Luth di jakarta, R.S. Dharma di Pangkal Pinang, R. Saputra di Bali, Yuspiadin di Sumedang, dan R. Chealsea di Palu.

Iqbal mengatakan kelima pelaku TFMCA tersebut bekerja sama dalam melempar isu di media sosial. Disebutkan pula ada sejumlah isu yang digarap oleh grup tersebut.

Di antara isu-isunya adalah soal kebangkitan PKI, penculikan ulama, penyerangan nama baik presiden dan beberapa tokoh lainnya.

“Provokasi dilakukan melalui isu-isu tersebut,” kata Iqbal di Kantor Div Humas Polri, Selasa (27/2/2018).

Kelompok ini tak sekedar menyebarkan berita provokatif atau penyerangan nama baik, melainkan juga menyebarkan virus ke perangkat kelompok atau pihak yang diserang.

“Virus bekerja dengan target merusak alat elektronik target,” kata Iqbal.

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan bahwa tidak hanya lima orang ini saja yang dikejar. Ada pihak lain yang kini masih dalam pengearan. Kabarnya orang tersebut sedang di luar negeri.

“Yang di Korsel (Korea Selatan) ini diusahakan untuk ditangkap,” katanya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler


Berita sebelumyaDikira Jatuh Miskin, Pak Tarno Malah Pamer Istrinya yang Seorang Pramugari. Cantik!
Berita berikutnyaPolisi Tangkap Dosen Penyebar Hoaks Pembunuhan Muadzin