Tak Banyak yang Tahu, Inilah yang Seharusnya Dilakukan Saat Mobil Terjebak Banjir


SURATKABAR.ID – Hujan masih mengguyur di beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini yang membuat daerah di Indonesia terendam banjir., mulai rumah hingga kendaraan motor pun ikut terendam.

Jika mobil dan sepeda motor sudah terendam banjir makan disarankan jangan langsung menyalakan mesin. Hal yang dilakukan adalah memanggil bengkel untuk minta diderek, hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan.

Menurut Muhammad Zuhdi, Service Technical & Warranty Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HOM) mengatakan, mobil yang sudah terendam banjir itu akan mengalami masalah pada electronic control unit (ECU). Apabila langsung menyalakan mesin, maka bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lainnya.

“Kalau langsung dinyalakan, kerusakannya bukan hanya ECU, tetapi ke komponen lainnya, jadi disarankan langsung diderek saja ke bengkel,” jelas Zuhdi di Jakarta akhir pekan lalu, dikutip dari Kompas.com, Senin (27/2/2018).

Kecuali, hanya melewati genangan dan tidak sampai terendam banjir, itu tidak masalah, Tetapi, harus hari-hari juga meskipun tidak berisiko tinggi, lanjut Zuhdi.

“Ada caranya juga menerjang banjir seperti itu, selalu gunakan gigi satu atau dua, agar tidak masuk melalui saluran knalpot,” ujarnya.

Agus Mustafa, Technical Support Auto2000 menjelaskan, ada hal-hal yang harus dilakukan oleh di pemilik kendaraan sebagai pertolongan pertama. Agus menganjurkan untuk membuka kap mesin, dan melepas seluruh sistem kelistrikan, dan (+) (-) baterai untuk menghindari korslet pada sistem kelistrikan.

“ini yang paling prioritas, takutya air masuk ke dalam mesin, nantinya malah fatal,” ujar Agus saat dihubungi oleh Kumparan.com beberapa waktu lalu.

JIka situasiya memungkinkan, segera pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman atau lebih tinggi. Tetapi, harus diingat untuk melakukan pemindahan dengan cara mendorong mobil, bukan dengan menghidupkan mesin mobil.

Dalam keadaan mobil terlanjur terendam banjir,  jangan sesekali mencoba untuk menghidupkan mesin. Setidaknya biarkan selama 24 jam atau satu hari penuh (dalam keadaan hari yang kering) untuk menunggu kendaraan Anda hingga kering.