Ada Nama Ahok dalam Jajaran Tokoh Pemikir Dunia, Sosoknya Diprediksi Bakal…


SURATKABAR.ID – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama (Ahok) sebagai satu-satunya tokoh paling berpengaruh di Indonesia masuk ke dalam daftar bergengsi dunia, “Top Global Thinkers 2017” menurut versi majalan populer Foreign Policy.


Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Pemimpin oposisi Inggris Jeremy Corbyn, Senator California yang sekaligus merupakan Calon Presiden potensial AS tahun 2020 Kamala Harris, serta sejumlah nama besar lainnya masuk dalam daftar tersebut, dilansir Kompas.com, Kamis (7/12/2017).

Menurut catatan, ada 48 tokoh dunia yang dinilai sebagai sosok yang mendefinisikan tahun 2017 melalui sumbangsih berupa kontribusi yang membentuk pemikiran dunia. Dan Ahok, sebagai satu-satunya tokoh Indonesia pada daftar, digambarkan sebagai ikon yang sanggup melawan fundamentalis Indonesia.

Sosok dari etnis Tionghoa yang memeluk agama Kristen Protestan ini memiliki lidah yang sangat tajam dan hal ini membuatnya termasuk tipikal politisi yang luar biasa di Indonesia. Bahkan Ahok diprediksi akan menjelma menjadi sosok yang mengundang polarisasi.

Baca Juga: Niat Bunuh Diri, Wanita Ini Dihampiri Seorang Pria Asing. Hal Selanjutnya Sungguh Mengejutkan!

Latar belakangnya sebagai kaum minoritas ganda yang dianggap tidak menjadi masalah berubah ketika Ahok bersinggungan dengan kaum konservatif Islam. Usai aksinya di Kepulauan Seribu, Ahok harus kehilangan karir politiknya. Namun ia tetap dianggap sebagai simbol penting plurarisme.

Foreign Policy bahkan menyebutkan ada hal yang mencengangkan dterlihat dalam diri Ahok. Sebagai orang minoritas ganda yang diselimuti gaya bahasa impulsif, ia dapat melangkah cukup jauh di dunia politik Indonesia dalam waktu yang terbilang sangat singkat.

Gambaran lain yang dituangkan oleh sang penulis adalah, ketika Ahok berdiri di samping Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, sosok Ahok dengan kecerdasan teknokratik sanggup mengimbangi retorik populis yang ada di dalam diri Jokowi.

Baca Juga: Wow! Sempat Viral Lantaran ogah Antri Bensin dan Hina Jogja, Begini Nasib Wanita Ini Sekarang

Ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, kinerja Ahok dianggap sukses memberantas praktek korupsi. Adapun keberhasilan lain yang tercatat adalah memperluas akses kesehatan, mengeruk kanal-kanal hingga meningkatkan kinerja transportasi umum.

Namun tak ketinggalan, disebutkan pula bahwa dengan cukup banyak hasil positif yang dilakukan Ahok, masih ada musuh yang berupaya menjegal sosok tersebut. Musuh Ahok datang dari para warga miskin yang tergusur lantaran proyek reklamasi tanah dan proyek pembangunan lain.

Komentar

komentar