Anies Baswedan Paling Diminati Publik untuk Jadi Cawapres Jokowi



SURATKABAR.ID – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan muncul dalam hasil survei terbaru Indo Barometer. Pada jajak pendapat tersebut, Anies mendapatkan pilihan tertinggi dari publik untuk menjadi Calon Wakil Presiden Joko Widodo di Pemilu 2019.

Anies mengungguli beberapa pesaing terkuatnya, diantaranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Dari pertanyaan terbuka calon wakil presiden, awareness paling tinggi terhadap Anies Baswedan 10,5 persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam paparan hasil survei bertajuk “Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019” di Hotel Atlet Century Park, Jalan Senayan, Tanah Abang, Jakarta, Minggu (3/12/2017), dikutip dari beritasatu.com.

Survei tersebut dilaksanakan pada 15-23 November 2017 dengan melibatkan 1200 responden dari berbagai daerah di Indonesia. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling. Adapun margin of error kurang lebih 2,38 persen, tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Hadi Tjahjanto Sebagai Panglima TNI, Ini Komentar Gatot Nurmantyo

Qodari mengungkapkan jika perolehan suara Anies tersebut hanya terpaut tipis dengan perolehan pilihan publik untuk menjadi cawapres Jokowi lainnya, yakni AHY, Ahok, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Ketiganya meraih angka 9,6 persen.

Selain beberapa nama yang disebutkan di atas, ada juga nama lain masuk dalam bursa calon pendamping Jokowi. Mereka antara lain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang mendapatkan perolehan 5,4 persen, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Sohibul Iman 3,8 persen, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 3,3 persen.

“Sedangkan saat disodorkan pertanyaan tertutup untuk memilih 12 nama, sebanyak 11,8 responden memberikan pilihan kepada Anies, disusul AHY dengan raihan 10,3 persen, Gatot 9,3 persen, Ridwan 7,3 persen, Sohibul 5,4 persen, mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko 3 persen dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani 2,8 persen,” ungkap dia.

Baca Juga: Fadli Zon: Saya Ramalkan Prabowo Akan Jadi Presiden di 2019

Selain itu, Indo Barometer juga memberikan simulasi delapan nama capres untuk Jokowi dan Prabowo. Hasilnya, responden yang memilih cawapres untuk Jokowi adalah AHY 17,1 persen, Gatot 15,9 persen, Ridwan 9,5 persen, Moeldoko tiga persen dan Puan 2,8 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani 0,2 persen, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan nol persen. Yang belum memutuskan atau tidak menjawab 51,5 persen.

“Sedangkan empat nama cawapres Prabowo, adalah Anies 22,5 persen, Sohibul Iman 4,2 persen, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0,1 persen,”pungkas dia.

Komentar

komentar