Terungkap! Ini Alasan PSSI Tunjuk Gonzales jadi Pelatih Timnas U-19


SURATKABAR.ID – Setelah memberhentikan Indra Sjafri dari kursi pelatih, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menunjuk Cristian Gonzales sebagai asisten Timnas Indonesia U-19, mendampingi Bima Sakti yang bertugas sebagai pelatih kepala.


Dilansir dari laman cnnindonesia.com, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan bahwa Gonzales dipilih sebagai asisten pelatih karena diangga bisa menjadi inspirasi bagi pemain muda.

“Gonzales bisa menjai role model secara langsung memotivasi para pemain junior. Ini merupakan keinginan PSSI,” ujar Joko Driyon, Kamis (23/11/2017).

Selain itu, Joko jugamenjelaskan bahwa PSSI berharap agar pemain yang akrab disapa el loco ini bisa menerapkan kurikulum filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia).

 “PSSI punya program unruk El Loco agar bisa naik jenjang sebagai pelatih dan diformulasikan dengan Direktur Teknik Danur Windo dan pelatih Timnas Luis Milla,” kata Joko, dikutip dari cnnindonesia.com.

Saat ini, Gonzales sendiri sudah tak masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia. Sedangkan di level klub, pemain berusia 41 tahun ini masih sanggup bermain di kasta tertinggi kompetisi. Bahkan, ia mampu bermain penuh selama 90 menit.

Kendati demikian, produktivitas Gonzales nampak menurun setelah dirinya hanya mampu mencetak sembilan gol di sepanjang Liga 1 Gojek-traveloka 2017 kemarin.

Sepanjang karir sepak bolanya di Indonesia, Gonzales sudah melanglang buana dari berbagai klub besar di tanah air. Gonzales sudah merumput di Liga Indonesia sejak 2003 bersama PSM Makassar.

Baca Juga: Anak Setya Novanto Rheza Herwindo Mangkir dari Pemeriksaan KPK. Jubir KPK Katakan Ini

Sejumlah prestasi mentereng pun dikoleksi pemain kelahiran Uruguay yang kemudian dinaturalisasi ini. Tercatat, Gonzales meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Indonesia di empat edisi berbeda. Total ada 173 gol yang berhasil ia koleksi.

Seperti diketahui, Gonzales resmi menjadi Warga Negara Indonesi setelah mengucap ikrar janji setia pada merah putih di tahun 2010. Setelah itu, ia pun sembat membela panji merah putih di ajang Piala AFF 2011.

Komentar

komentar