Netizen Kompak Boikot Traveloka, Ternyata Gara-Gara Anies Dihina Begini



SURATKABAR.ID – Pengguna media sosial Twitter di Indonesia tengah ramai membicarakan soal penghinaan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bahkan, netizen menggunakan tagar #UnistallTraveloka yang hingga malam ini menjadi trending di Twitter. Lebih dari 16 ribu cuitan dengan hastag ini memenuhi timeline Twitter.

Kehebohan netizen ini berkaitan dengan pidato Ananda Sukarlan yang diduga kuat menghina mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Sabtu (11/11/2017) lalu, Anies diundang untuk menghadiri acara Penghargaan Kolose Kanisius. Dalam kegiatan tersebut, Kolose Kanisius pertama kalinya memberikan penghargaan pada 5 alumni terpilih dari 95 kandidat dalam berbagai generasi.

Baca juga: Sandiaga Ogah Pakai Pantofel, Jokowi Enteng Bilang Begini

Pada acara yang dihadiri ratusan alumni Kanisius dari berbagai generasi ini diberikan penghargaan pada Ananda Sukarlan sebagai komposer dan pianis, Romo Magnis Suseno selaku tokoh Jesuit, Irman Ismaun Soenggono selaku tokoh pembina pramuka, Dr. Boenjamin Setiawan selaku pendiri Kalbe Farma dan Derianto Kusuma selaku pendiri Traveloka.

Namun, ketika Anies naik podium untuk memberikan sambutan, Ananda Sukarlan diketahui meninggalkan ruangan dan diikuti oleh sejumlah hadirin serta panitia.

Setelah Anies selesai, Ananda Sukarlan bersama hadiri yang walk out kembali masuk.

Bukan cuma itu, saat menyampaikan pidatonya, Ananda Sukarlan diduga menyinggung soal Pilkada DKI Jakarta lalu, sekaligus menyindir Anies.

Ananda mengkritik panitia pelaksana karena telah mengundang seseorang yang mendapatkan jabatan dengan cara yang tak sesuai dengan nilai-nilai Kanisius.

Anda telah mengundang seseorang yang mendapatkan jabatannya dengan cara-cara yang berbeda dengan nilai-nilai serta integritas yang telah diajarkan kepada kita di Kanisius. Walaupun anda mungkin harus mengundangnya karena jabatannya, tapi next time kita harus melihat juga sosok itu seperti apa. Ini saya tidak ngomong politik, ini soal hati nurani dan nilai kemanusiaan,” ujar Ananda, dilansir tribunnews.com.

Pidato Ananda inilah yang kemudian membuat netizen geram. Netizen pun memberikan pembelaan dengan beramai-ramai menggunakan tagar #BoikotTraveloka dan #UninstallTraveloka di Twitter.

Komentar

komentar


Berita Terpopuler