Geger! Indonesia dan Malaysia Dihukum Berat Oleh AFC Karena Suporter Lakukan Ini di Sea Games 2017



SURATKABAR.ID – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi menjatuhkan hukuman yang cukup berat kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Hukuman yang diberikan AFC ini berkaitan dengan aksi rusuh suporter Timas Indonesia U-22 dalam Sea Games 2017 yang digelar di Malaysia beberapa waktu lalu.

Aksi rusuh suporter ini terjadi ketika Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja di laga terakhir Grup B Sea Games 2017, di Stadion Shah Alam, Selangor Malaysia, 24 Agustus 2017 lalu.

Menurut laman AFC, saat itu suporter timnas Indonesia melemparkan botol minuman ke tengah lapangan. Pelemparan ini terjadi karena penonton terpancing emosi ketika ada keributan antar pemain di lapangan.

Baca juga: Duh! 4 Bapak-Bapak Berantem di Tol Jakarta Karena Hal Ini

“Ada sekitar 50-60 botol minuman yang dilemparkan ke lapangan setelah pertandingan selesai,” tulis AF di laman resminya, dilansir tribunnews.com.

Terkait aksi rusuh ini, berdasarkan pasal 65 dari kode disiplin AFC, PSSI mendapatkan hukuman berupa denda sebesar 16 ribu dolar atau setara dengan Rp 224 juta. Denda dengan nilai fantastis ini harus dibayar oleh PSSI dalam kurun waktu 30 hari.

Tak cuma denda, PSSI juga mendapat peringatan keras dari AFC. JIka dikemudian hari kerusuhan serupa terjadi, maka PSSI akan mendapatkan hukuman yang lebih berat.

“AFC memberitahukan kepada PSSI bahwa pelanggaran berulang terhadap ketentuan ini akan mendapatkan hukuman yang lebih berat,” lanjut AFC.

Selain Indonesia, Malaysia juga mendapatkan hukuman dari AFC karena dianggap tak bisa menjadi tuan rumah yang baik selama gelaran Sea Games 2017.

Federasi Sepak Bola Malausia (FAM) dinilai melanggar pasal 64 tentang organisasi dalam sebuah pertandingan. Hukuman yang didapatkan Malaysia ini karena dianggap tak dapat menghentikan aksi suporter Indonesia.

“Federasi Sepak Bola Malaysia harus membayar denda 5 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 70 juta) karena melanggar kode disiplin AFC. Denda tersebut harus dibayarkan dalam 30 hari ke depan setelah surat ini diumumkan,” tulis AFC dalam pengumumannya untuk Malaysia.

Komentar

komentar


Berita Terpopuler