Tiru Sandiaga, Anies Baswedan Langgar Aturan Pakaian Dinas



SURATKABAR.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sempat membuat heboh gara-gara sepatu yang dipakainya saat pelantikan.

Sebab, Sandiaga tak mengenakan sepatu pantovel hitam, melainkan sepatu kets atau sneakers. Sepatu yang dipakainya ini dianggap melanggar aturan pakaian dinas.

Namun, saat ditanya wartawan, Sandiaga mengaku tak tahu soal aturan tersebut. Bahkan, sejak dilantik Sandiaga terus mengenakan sepatu tersebut dan tak memakai ikat pinggang.

Setelah heboh sepatu Sandiaga, Anies juga membuat kehebohan yang sama. Ia terlihat memakai sepatu pantovel warna coklat ketika ditemui di Balai Kota Jakarta.

Baca juga: Rombongan Anies-Sandi Sebabkan Kemacetan di Puncak, Begini Penjelasan Versi Polisi

“Nanti dilihat lagi, saya juga baru sadar (terkait aturan pakaian dinas). Boleh enggak, nih pakai sepatu coklat,” tutur Anies seraya melihat sepatunya, di Balai Kota, Senin (23/10/2017), dilansir tempo.co.

Kelengkapan pakaian yang dikenakan oleh Anies dan Sandi dinilai melanggar Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas.

Pada pasal 4, mengatur penggunaan pakaian dinas harian (PDH) warna khaki. Kelengkapan PDH warna khaki tersebut juga dilengkapi ikat pinggang nilon berwarna hitam dengan kepala (gesper) berbahan kuningan dan memiliki lambang “Jaya Raya”. Selain itu, juga mengenakan kaos kaki warna hitam dan sepatu model pantovel warna hitam.

Aturan tersebut bukan hanya berlaku bagi guberbur dan wakil gubernur, tapi juga mengikat Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Meski begitu, Sandiaga mengatakan bahwa dirinya akan meminta Anies mengubah peraturan gubernur yang dibuat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tersebut.

Sandiaga beralasan, pakaian dinas dapat menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, ia mengaku telah mendapatkan diskresi langsung dari Anies untuk tak mentaati aturan yang dibuat oleh Gubernur sebelumnya itu.

Baca juga: Heboh! Menhan AS Bilang Begini Soal Pelarangan Panglima TNI Masuk Negaranya

Bahkan, Anies sendiri mengaku belum mengetahui secara detail isi peraturan gubernur soal pakauan dinas tersebut. Anies juga mengungkapkannya ketika dimintai penjelasan soal diskresi terhadap Sandiaga.

“Itulah, saya baru sadar nih, sepatu saya coklat,” katanya.

Komentar

komentar