Catat! 7 Kebiasaan Sehat Ini Dijamin Buat Tubuh Tak Sakit-Sakitan di Masa Tua



SURATKABAR.ID – Kerap didentikkan dengan semangat yang tinggi dan workaholic, anak muda pada umumnya kerap memenuhi kegiatan sehari-hari mereka dengan berbagai rutinitas aktif nan beragam. Namun, banyak dari mereka yang sudah mengeluh mengalami gangguan kesehatan, padahal usia mereka masih tergolong muda. Mengapa bisa begitu?

Mewartakan kembali reportase IDNTimes.com, Kamis (12/10/2017), salah satunya adalah William Sudhana. Seorang creativepreneur yang hobi fotografi ini juga merupakan anak muda yang workaholic. Oleh karena tuntutan pekerjaannya, terkadang ia luput dari kondisi kesehatannya sendiri. Sampai akhirnya, ia mengalami asam urat sehingga pekerjaannya terganggu.

Demikian juga yang baru-baru ini dialami Bagus Aulia, salah satu presenter TV lokal Kota Bandung sekaligus MC Wedding yang sangat aktif di dunia wedding organizer namun harus mengalami beberapa gangguan kesehatan sekaligus saking terlalu sibuk di dunia pekerjaan.

Namun sebenarnya, orang-orang dengan aktivitas super padat seperti mereka masih bisa tetap giat bekerja tanpa terganggu oleh penyakit. Kita juga bisa tetap sehat dan tak sakit-sakitan kelak di masa tua nanti. Caranya yakni dengan memulai gaya hidup sehat. Dengan demikian, berarti kita sudah berbuat baik kepada diri sendiri agar terhindar dari beragam penyakit. Berikut ini merupakan tujuh tips yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup sehat:

Baca juga: Skandal! Tak Hanya Menimpa Aktris Wanita, Para Aktor Terkenal Ini pun Pernah Kena Pelecehan Seksual

1. Siapkan waktu untuk berolahraga

Mungkin sulit dipercaya, namun faktanya, hanya dengan berolahraga, kita bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit secara signifikan. Dengan berolahraga, Anda dapat membuat peredaran darah ke seluruh tubuh lebih lancar. Jantung bekerja lebih giat, sehingga darah dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat lain seperti mengurangi kadar stres, meningkatkan kinerja otak, hingga meningkatkan level energi Anda untuk menjaga jiwa raga tetap berada dalam kondisi fit.

2. Jika mulai lelah, segera beristirahat

Guys, tubuh kita akan mengirim sinyal jika kita sudah mulai merasa lelah. Kalau kita sudah merasakan tanda-tanda ada yang tidak beres saat kita bekerja, seperti pusing, pegal-pegal, hilang konsentrasi, segera berhenti bekerja dan ambil waktu istirahat sebentar. Misalnya, dengan berjalan-jalan di luar ruangan atau berbaring sejenak. Paling tidak, ada baiknya Anda beranjak dari depan layar komputer sejenak.

3. Cukupi waktu tidur


Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidur merupakan obat alami yang selama ini kerap kita remehkan. Waktu tidur yang ideal dalam sehari adalah 7-9 jam. Sementara itu, ada banyak orang yang sering begadang demi menyelesaikan pekerjaannya. Padahal sebenarnya, dengan mencukupi waktu tidur, tubuh kita akan tumbuh dan memperbaiki sel tubuh yang rusak dengan baik, lho.

Malahan, harap dicatat, kurang tidur bisa mengarah pada banyak penyakit berbahaya. Contohnya seperti hipertensi, diabetes, obesitas, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan Anda dapat tidur 7-9 jam sehari, ya!

4. Selalu menyempatkan diri untuk sarapan

Baca juga: Lebih Romantis Dibanding Raisa-Hamish, Foto Pre-Wedding Putri Jokowi Bikin Baper

Mungkin, banyak orang yang melewatkan sarapan dengan alasan tidak sempat. Padahal, sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Mengapa demikian? Karena asupan makanan di pagi hari akan memberikan kita energi untuk menjalankan aktivitas seharian, terutama untuk organ tubuh terpenting kita—otak. Tentu kita tidak mau urusan pekerjaan sampai terganggu karena perut kosong dan rusaknya konsentrasi. Selamat mencoba!

Komentar

komentar


Terpopuler