Tak Disangka! Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh Anda Jika Berhenti Berolahraga


SURATKABAR.ID – Sudah merupakan rahasia umum bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan, meningkatkan mobilitas dan stamina tubuh. Pasalnya dengan membiasakan tubuh aktif bergerak dapat membuat tubuh menyerap vitamin, mineral hingga oksigen dengan lebih sempurna.


Namun terkadang kesibukan memaksa kita untuk mengabaikan kebiasaan hidup sehat yang satu ini. Tak banyak yang mengira dengan melewatkan aktivitas fisik selama beberapa waktu dapat menimbulkan risiko kesehatan. Terlebih jika tubuh Anda sudah terbiasa berolahraga secara teratur sebelumnya.

Diwartakan Jpnn.com melansir dari laman Care2, Senin (9/10), bakal ada beberapa perubahan yang akan dialami oleh tubuh jika seseorang berhenti olahraga begitu saja. Dan di bawah ini adalah 7 perubahan tubuh yang akan Anda rasakan:

Kadar Insulin Meningkat

Setelah melewatkan satu pekan tanpa olahraga, maka Anda akan mengalami penurunan sensitivitas terhadap insulin. Ketika kadar insulin yang tinggi tak digunakan oleh tubuh, maka dapat menjadi penyebab timbulnya peradangan hingga meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

Baca Juga: Wah Hati-hati! WhatsApp Bisa Bongkar Setiap Aktivitas Pribadi Anda. Begini Caranya

Massa Otot Berkurang

Jika Anda membiarkan tubuh tidak aktif sama sekali selama seminggu, maka massa otot Anda akan berkurang. Pada titik ini otot tertentu bahkan berubah bentuk yang menjadi sejenis serat otot. Padahal seperti yang diketahui, mempertahankan massa otot adalah hal penting. Terutama saat Anda menua.

Adanya Peningkatan Berat Badan


Ini tentu bukan hal yang terdengar sangat mengejutkan lagi di telinga. Semua individu telah mengetahui dampak negatif dari meninggalkan latihan fisik secara tiba-tiba. Tubuh akan kehilangan kemampuan untuk membakar lemak. Dan sistem metabolisme akan berhenti sesaat Anda berhenti olahraga.

Risiko Tekanan Darah

Pada hari-hari di mana Anda meninggalkan olahraga ataupun sekedar latihan fisik ringan, selain tubuh akan kehilangan massa otot dan kemampuan untuk membakar lemak, tekanan darah dalam tubuh juga semakin meningkat dibandingkan dengan hari-hari ketika Anda menjaga tubuh tetap aktif bergerak.

Tekanan Kejiwaan Meningkat

Hanya sedikit orang yang tahu jika berolahraga dapat membantu Anda terbebas dari gangguan kejiwaan ringan seperti depresi hingga stress. Dan jika Anda menghentikan latihan fisik selama satu minggu, maka tubuh akan kehilangan kemampuannya dalam mengatasi stress. Hal ini membuat Anda rentan cemas.

Sulit Tidur dan Menurunkan Libido

Melewatkan waktu olahraga selama beberapa hari memang terbukti dapat mengganggu aktivitas tidur seseorang. Namun itu bukan risiko yang paling fatal. Pasalnya dihimpun Jpnn.com, Rabu (11/10/2017), kurang berolahraga juga dapat mempengaruhi ‘aktivitas’ Anda di atas ranjang. Tak ada yang suka ini.

Otak Tak Efektif Bekerja

Yang terakhir adalah terganggunya kinerja otak. Seperti yang diketahui bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel otak baru. Dan jika Anda sama sekali tidak berolahraga, maka fungsi memori berkurang secara optimal. Ini mempengaruhi fokus dan konsentrasi.

Loading...

Komentar

komentar