Ilmuwan Temukan Makhluk Paling Misterius Di Amazon, Begini Penampakannya!


 


SURATKABAR.ID Amazon memang merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Dimana hutan di Brazil ini masih menyimpan begitu banyak misteri yang mungkin hingga saat ini belum terpecahkan.

Yang terkini dan mengejutkan banyak orang adalah,munculnya makhluk misterius yang diperkirakan sebelumnya sudah punah lebih dari 80 tahun yang lalu. Kembali muncul, hal ini memberikan banyak harapan.

Seperti dilansir dari nationalgeographic.co.id, adalah Vanzolini saki, makhluk dari golongan primata ini tiba – tiba kembali menampakkan diri di hadapan para ilmuwan di pedalaman Amazon. Monyet ini pertama kali dikenali oleh naturalis Ekuador Alfonso Ollala pada 1936 lalu.

Baca juga: Hewan Misterius Bertubuh Tikus Berkepala Kucing Membuat Warga Panik

Memiliki nama ilmiah Pithecia vanzolinii, Vanzolini memang diambil dari nama belakang ahli hewan asal Brazil, Paulo Vanzolini, sebagai bentuk penghormatan atas jasanya dalam ilmu pengetahuan tentang hewan.

Penemuan salah satu makhluk paling misterius di dunia ini terjadi saat direktur Global Conversation Institute Laura Marsh melakukan ekspedisi ke wilayah barat Amazon yang hampir tak terjamah manusia.

Ia didampingi langsung oleh satu tim yang terdiri dari para ilmuwn, fotografer, ahli konservasi, dan pemandu lokal. Tim ini dengan menggunakan perahu mengarungi Sungai Eiru, diantara Brasil dan Peru.

Saat masuk hari keempat perjalanan, akhirnya tim berjumpa dengan seekor Vanzolini ski berlari diantara rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Saat pertama kali berjumpa, Marsh langsung menangis tersedu –sedu.

“Itu sangat fantastis,” katanya. “Saya gemetaran dan sangat gembira. Saya hampir tidak bisa mengambil gambar,” tuturnya.

Marsh sendiri sudah bertahun – tahun mempelajari  tentang struktur taksonomi monyet saki. Ia memaparkan bahwa Vanzolini memiliki ciri unik yang luarbiasa, sehingga membuatnya cepat dikenali.

Vanzolini saki memiliki rambut gondrong yang menutupi wajahnya. Selain itu, kaki dan tangannya yang berwarna keemasan juga menjadi ciri menonjol lainnya.

Vanzolini saki tidak memiliki ekor yang dapat digunakan untuk memegang selayaknya spesies monyet lain.

Baca juga: Mengerikan! Benda -Benda Misterius Ini Terdampar di Filipina, Hingga Membuat Warga…

 Marsh menggambarkan bahwa saki lebih mirip kucing, berlari di atas keempat kakinya melintasi cabang-cabang tipis. Saat terancam, para pejantan Vanzolini saki  akan berlari menjauh dari induk dan anak-anak saki, berharap predator akan mengikuti mereka dan membiarkan yang lainnya melarikan diri.

Monyet Vanzolini saki menghadapi berbagai ancaman kepunahan, di antaranya perburuan dan penyusutan habitat akibat alih fungsi hutan menjadi kawasan urban. Marsh merekomendasikan agar spesies ini diberi status “Terancam” dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.

Laporan lengkap soal penemuan spesies ini akan diterbitkan dalam jurnal Oryx. “Perbedaan paling mencolok pada Vanzolini dari spesies monyet saki lainnya adalah penampilannya yang unik, tapi butuh lebih banyak studi untuk memahami perbedaan genetik makhluk ini,” tutup Marsh.

 

Loading...

Komentar

komentar