Catat! Ini Cara Paling Ampuh untuk Basmi Kutu Rambut


SURATKABAR.ID Beberapa waktu lalu, dua anak di Boyolali Jawa Tengah, tewas setelah memakai pestisida untuk menangani kutu rambut. Hal ini membuat warga sontak heboh dengan kejadian tersebut. Diperlukan berbagai cara untuk menghilangkan kutu rambut.


Seperti yang dilamporkan WebMD yang ada dalam kanal kompas.com pada Rabu (30/08/2017), artikel Healthline yang diulas oleh dokter Steven Kim, MD, itu mengungkapkan kutu adalah serangga kecil yang hidup pada manusia dan memakan darah.

Dalam jurnal tersebut juga dijelaskan, walaupun tidak melompat atau terbang, kutu dapat dengan mudah disebarkan melalui kontak dekat dan berbagi benda-benda personal, seperti sisir, jepit rambut, headphone, dan topi, dengan orang yang terinfeksi kutu. Serangga ini juga dapat hidup untuk waktu yang lama di dalam perabotan yang berkain, handuk, alas tempat tidur, dan pakaian.

Karenanya, dalam analisisya jurnal tersebut menyebutkan populasi yang paling berisiko terinfeksi kutu adalah anak-anak sekolah playgroup, TK, dan SD. Mereka biasanya bermain dengan kontak dekat dan berbagi benda-benda yang menyentuh kepala mereka.

Untuk bisa setidaknya menghalagi kutu rambut berkembang biak, ada baiknya jangan menggaruk kepala ketika kutu menyerang. Goresan kuku dapat melukai kulit dan menyebabkan infeksi lebih lanjut. Dalam kasus kutu rambut yang lebih parah, rambut bahkan bisa rontok dan area kulit yang terinfeksi oleh kutu bisa berwarna gelap.

Baca Juga: Inul Kembali Diwawancari Majalah Time, Tentang Apa?

Dalam Jurnal WebDM, mereka menyarankan untuk mengunjugi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Karena, kutu tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Penderita kutu harus secara proaktif menanganinya sejak gejala pertama.

Cara paling apuh untuk menangani kutu rambut adalah menggunakan obat khusus yang diaplikasikan pada kulit kepala. Terkadang, obat ini dibarengi oleh pil yang dapat dikonsumsi secara oral. Namun, cara paling umum adalah dengan menggunakan krim, losion, atau shampoo khusus yang ditujukan untuk mengobati kutu.

Setelah sembuh, sebaiknya anda melakukan hal berikut yang telah di rekomendasikan dari jurnal WebDM;

-Cuci pakaian dan alas tempat tidur menggunakan air bersuhu 55 derajat celcius atau lebih.

-Segel pakaian, alas tempat tidur dan boneka di dalam kantung plastik selama dua minggu

-Rendam sisir dan aksesori rambut di dalam air bersuhu 55 derajat celcius atau lebih selama   lima hingga 10 menit

-Gunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai dan furnitur yang berkain

Loading...

Komentar

komentar