Dilarikan ke RS Harapan Kita, Seperti Inilah Kondisi Terakhir Abu Bakar Ba’asyir


SURATKABAR.ID – Akibat sakit kronik yang tengah dideritanya, membuat terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir harus dilarikan ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta Barat, terhitung sejak Kamis (10/8) yang lalu.


Diwartakan okezone.com, Sabtu (12/8/2017), kabar tentang Pimpinan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) tersebut pun dibenarkan oleh Ketua Tim Dokter MER-C, Joserizal Jurnalis yang mengatakan Abu Bakar Ba’asyir mengalami sakit kronik yang menyebabkan kakinya membengkak.

“Ada sakit kronik di kedua vena (aliran balik) pada kaki beliau (Abu Bakar Ba’asyir). Sehingga menyebabkan bengkak. Saat ini sudah dibawa ke RS-JHP,” terang Joserizal melalui konferensi pers terkait kondisi terkini kesehatan Abu Bakar Ba’asyir di Kantor Pusat Mer-C, Jalan Kramat Lontar, Jakarta Pusat, dilansir okezone.com, Sabtu (12/8/2017).

Baca Juga: Presiden Jokowi Dituduh Pemimpin Diktator, Megawati: Berhadap-hadapan, Itu Baru Jantan!

Pihaknya menambahkan bahwa keputusan rujukan untuk membawa Abu Bakar Ba’asyir ke RS Harapan Kita dikarenakan peralatan medis yang ada di Lapas Gunung Sindur tak memadai untuk melakukan observasi terhadap penyakit yang diderita Abu Bakar Ba’asyir.

Berdasarkan dugaan dari tim medis MER-C, kemungkinan ada beberapa gejala yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan di kaki Abu Bakar Ba’asyir. Namun untuk hasil positifnya, perlu dilakukan observasi terhadap kondisi kesehatannya secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan jantung, abdomen hingga otak melalui pemeriksaan CT Scan.

“Kaki beliau bengkak. Kecurigaan kami, penyebab bengkaknya kaki bisa dari jantung, ginjal, aliran balik maupun pembuluh darah. Makanya semua kita eksplor,” terang ketua tim MER-C, seperti dilansir dari laman jpnn.com, Sabtu (12/8/2017).

Ia menambahkan, ada dua vena yang terdapat di area kaki yang bengkak. Vena luar dan dalam. Dan melalui hasil pemeriksaan, vena dalam tidak kuat untuk memompa darah ke arah jantung. Hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di kaki Abu Bakar Ba’asyir.

“Tapi, tidak ditemukan sumbatan. Flow arteri, pembuluh darah utama bagus,” ungkapnya lebih lanjut.


Konferensi pers yang dibuat pihak RS Harapan Kita diakui Joserizal telah mendapatkan izin dari pihak keluarga yang bersangkutan. Anak Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim, kuasa hukum, Achmad Michdan dan salah satu Presidium MER-C, Arief Rahman tampak turut hadir di dalam konferensi pers tersebut.

Loading...

Komentar

komentar


Berita Terpopuler