Inilah 4 Ide Penemuan yang Brilian Tapi Gagal Diproduksi Masal


SURATKABAR.ID – Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Inovasi terus dilakukan guna bisa berguna bagi kehidupan manusia. Kejenisuan para penemu dalam merancang dan menciptakan alat membuat kehidupan manusia jauh lebih mudah.

Kehidupan kita saat ini terasa sudah sangat dimudahkan teknologi, jika berbagai ide ini bisa menghasilkan sesuatu dan terealisasi, hidup kita akan jauh lebih mudah lagi.

Akan tetapi, pada kenyataanya tidak semua gagasan atau ide yang keluar dari para ilmuwan bisa terwujud. Ada banyak peneliti yang gagal dalam melakukan percobaan atau merealisasikan idenya.

Baca Juga: Ngeri! Detik-Detik Truk Sarat Muatan Manusia Terguling di Malang

Beberapa gagasan besar yang gagal terwujud adalah sebagai berikut, seperti yang dilansir merdeka.com

Pengatur Waktu Hujan.

Wilhelm Reich adalah seorang ilmuwan yang memiliki gagasan cukup unik, yakni membuat konsep untuk membuat alat yang bisa berfungsi mengatur hujan.

Ide ini muncul karena Reich sangat prihatin dengan keadaan di daerah tempat dia tinggal, yakni negara bagian Maine, AS, dilanda kekeringan sehingga panen bluberi di sana anjlok. Akhirnya, ia membuat sebuah penemuan bernama ‘Cloudbuster’

Akan tetapi percobaan akan alat buatannya tersebut gagal. Alat yang dibuatnya tidak berfungsi, bahkan ketika melakukan uji coba mesinya, awan badai terbentuk dan menghasilkan hujan 0,64 centimeter.

Reich tak lagi bisa meneruskan idenya tersebut, lantaran pada percobaan kedua, alatnya disita oleh pemerintah setempat dengan alasan tertentu. Setelah itu, tidak ada lagi usaha untuk melanjutkan penelitian tersebut.

Tenaga Nuklir untuk Energi Rumahan

Thosiba pernah berupaya membuat reaktor nuklir terkecil. Tujuan dibuat rekator nuklis skala kecil tersebut adalah untuk dipakai dan dipasang di tengah-tengah komplek perumahan. Akan tetapi reaktor nuklir mini tersebut tak diproduksi masal dan tidak dilanjutkan penelitiannya.

Seandainya hal tersebut berhasil, maka bisa menjadi solusi jitu untuk menyediakan listrik yang murah bagi masyarakat.

Salah satu yang membuat proyek ini tidak bisa dilanjutkan adalah tingkat keamanan. Reaktor nuklir tidak bisa diberdayakan secara serampangan dan harus diawasi secara ketat.

Obat Bagi Penyakit Jantung dan Kanker

Penyakit jantung sudah barang tentu adalah pembunuh utama bagi manusia. Tentu penyakit ini tak memiliki obat. Kanker pun punya reputasi serupa dan sama mengerikannya. Fakta tersebut membuat banyak pihak berupaya mencari solusi, salah satunya mencari obat.

AMA, asosiasi medis AS, pernah melarang adanya percobaan pengobatan untuk penyakit jantung meski hal tersebut akan jadi penemuan besar jika berhasil.

AMA juga melarang peredaran alat bernama Royal Rife, sebuah mesin yang digadang-gadang bisa membunuh kanker. Alat yang diciptakan tahun 1934 di saat kanker masih dianggap virus ini, bekerja dengan menembakkan sinar laser ke area kanker.

Alat tersebut memang belum bisa memberikan bukti yang positif. Gagasannya cukup bagus namun sangat sulit terealisasi jika tanpa harus menanggung dampak lainnya.

Mobil Bertenaga Air

Meski ini sesuatu yang sulit diterima akal sehat, namun kenyataanya tidak sedikit peneliti yang mencoba merealisasikan gagasan untuk membuat mobil bertenaga air.

Upaya untuk membuat mobil bertenaga air merupakan ide brilian, mengingat air adalah sumber daya yang melimpah. Selain itu, sumber daya minyak semakin tahun semakin menipis cadangannya di perut bumi.

Salah satu penelitian yang berhasil terdokumentasi dan yang terkenal adalah mobil-mobil berjenis buggy yang dibuat oleh Stan Meyer. Mobil bertenaga air yang dibuatnya bisa berjalan hingga jarak 43 kilometer per liter airnya.

Akan tetapi Meyer menghentikan penelitiannya karena mendapat banyak tekanan. Konon kabarnya, Meyer ditekan banyak pihak seperti perusahaan minyak, yang membuatnya meninggal dalam keadaan sakit aneurisma otak.

Sampai saat ini belum ada yang berupaya melanjutkan penelitian ini.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler

Loading...

Berita sebelumyaIngat Dimas Kanjeng? Secara Mengejutkan Ia Dituntut Jaksa Dengan Hukuman Ini
Berita berikutnyaUnggah Gambar Presiden Jokowi Bersama Habib Rizieq, Cuitan Fahri Hamzah Ini Bikin ‘Gerah’ Warganet