2018, Pemerintah Tambah Anggaran Subsidi Listrik Hingga Rp50 T, Akankah Pengaruhi TDL?


SURATKABAR.ID  Geger tarif listrik yang dinilai sebagian pihak  membuat masyarakat kesulitan. Di sisi lain, pemerintah mengambil sikap dengan menambah anggaran subsidi listrik pada tahun 2018 mendatang.


Seperti dilansir dari kontan, pemerintah berencana akan menambah subsidi listrik pada tahun depan hingga sebesar Rp 117 triliun. Jika dalam APBN 2017 anggaran subsidi listrik hanya Rp 44,98 triliun, maka di tahun mendatang jumlahnya naik 100 persen lebih, hingga Rp 6,77 triliun.

Menurut Dirjen Anggaran Kementerian Keuanga Asolani menyatakan, bahwa subsidi besar tersebut masih akan diberikan untuk kelompok pelanggan 450 volt ampere (VA). Kenaikan ini juga menjadi konsenkuensi dari kenaikan harga minyak dunia serta melehanya kurs rupiah.

Artinya, tahun depan jumlah penerima subdisi masih akan sama dengan saat ini, dan tidak akan ada perubahan, ataupun penurunan tarif dasar listrik.

 “Perhitungannya untuk tahun depan tidak ada perubahan subsidi untuk konsumen 450 VA, jadi sudah konsisten dengan kebijakan yang ada saat ini,” katanya, Minggu (18/06/2017).

Dia bilang, kenaikan subsidi listrik karena peningkatan harga minyak Indonesia atau Indonesian crude price (ICP). Dalam usulan RAPBN 2018, ICP di kisaran US$ 45-US$ 60 per barel. Angka asumsi ICP 2018 lebih tinggi dari APBN 2017 yang sebesar US$ 45 per barel.

Baca juga: Begini Respon Istana Terhadap ‘Kegalauan’ Masyarakat Atas Mencekiknya Tarif Listrik

Parameter lain yang mempengaruhi beban subsidi, yaitu depresiasi nilai tukar Rupiah. Dalam RAPBN tahun depan, nilai tukar akan berada pada Rp 13.500 hingga Rp 13.800 per dolar AS. Tahun ini, nilai tukar rupiah diasumsikan Rp 13.300 per dolar AS.

Sementara, menurut Kepala Satuan Unit Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, jika dikaitkan dengan kenaikan ICP, maka seharusnya tarif listrik tidak akan banyak terpengaruh. Sebab, dia bilang, penggunaan solar untuk pembangkit PLN hanya sekitar 5%. Sehingga biaya pokok produksi (BPP) tidak membuat adanya kenaikan tarif listrik.

Apalagi, kata Made, proyek 35.000 MW juga banyak menggunakan gas, sehingga penggunaan BBM akan semakin kecil sehingga otomatis pengaruh terhadap kenaikan ICP juga semakin kecil.

“Indikator lain, PLN terus menekan harga listrik semakin murah,” katanya, Minggu (18/06/2017)

Askolani menambahkan, setelah mencabut subsidi sebagian pelanggan 900 VA, tidak akan ada lagi kebijakan tarif yang dilakukan pemerintah.

“Kemungkinan tidak ada ada lagi, sudah selesai sesuai rencana di tahun 2017 untuk 900 VA,” katanya.

Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan TNP2K Ruddy Gobel bilang, hasil analisa TNP2K menunjukkan penyesuaian tarif listrik tak memperburuk kesejahteraan masyarakat. Komponen listrik hanya berkontribusi 0,06% terhadap inflasi bulanan Mei 2017 sebesar 0,39%. Tarif listrik juga hanya berpengaruh 3% terhadap kemiskinan perkotaan dan 2% di pedesaan.

 

Komentar

komentar


Terbaru

Mantan Ajudan Ir. Sukarno: Saya Melihat Sukarno Coba Dibunuh Berkali-kali

SURATKABAR.ID – Bukan rahasia lagi jika Ir. Sukarno, bapak proklamator kemerdekaan Indonesia pernah beberapa kali berhadapan dengan maut. Tak hanya sekali dua kali, sejak...

Amien Rais: Ada Siluman Tertentu yang Pecahkan Kita

SURATKABAR.ID - Mantan Ketua Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais mengungkapkan kekhawatiranya mengenai terpinggirkannya nilai-nilai Pancasila serta adanya kekuatan tertentu yang mecoba memecah belah...

Bikin Haru! Veteran 93 Tahun Ini Bagikan Kisah Perjuangannya Melawan Penjajah Bersama Jenderal Ahmad...

SURATKABAR.ID – Memperingati hari ulang tahun ke-72 negara kita, tak terbayang rasanya betapa besar perjuangan para pahlawan terdahulu demi kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti yang...

Berbusana Adat Terbaik, Yasonna dan Oso Sumringah Terima Sepeda dari Jokowi

SURATKABAR.ID – Acara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017) rupanya telah dipersiapkan Presiden Jokowi agar penuh kejutan....

Bersalaman dengan SBY, Tamu Negara Tepuk Tangan Meriah untuk Presiden

SURATKABAR.ID – Riuh rendah tepuk tangan para hadirin bergema di acara perayaan Hari Ulang Tahun Ke-72 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan,...

Akankah Kemenkumham Berikan Remisi pada Ahok Hari Ini?

SURATKABAR.ID – Remisi kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum diberikan remisi oleh Yasonna H. Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM. Remisi kepada mantan Gubernur...

TPN-OPM Serahkan Diri, TNI: Mereka Melihat Pembangunan di Papua Semakin Maju

SURATKABAR.ID – Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) diberitakan sebelumnya merasa sangat tertipu oleh kelompok tertentu sehingga memutuskan untuk kembali bergabung dan...